Blog ini wujud kecintaan saya terhadap budaya Jawa, berisi tentang seputaran Bahasa Jawa dan sejenisnya. Ini hanya sebatas melestarikan supaya Bahasa Jawa tetap eksis meski diterjang kemajuan zaman yang semakin maju.

Sabtu, 24 November 2018

Silabus Bahasa Jawa SMP Kelas IX Kurikulum 13

SILABUS MATA PELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMP (Sekolah Menengah Pertama)
Mata Pelajaran                        : Bahasa Jawa
Kelas/Semester                        : IX/Gasal
Alokasi Waktu                        : 18 x 2JP

KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya terkaitdengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak(menulis, membaca, menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori.

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pembelajaran
Model Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1







4.1







3.2







4.2







3.3
Menelaah naskah sandiwara.
3.3.1 Mendengarkan wacana
teks dialog sandiwara
berbahasa Jawa.
3.3.2 Mengajukan dan
menjawabpertanyaan
tentang isi dialog
sandiwara berbahasa
Jawa
3.3.3 Membetulkan
diksi/ragam yang tidak
sesuai dalam dialog
sandiwaraberbahasa
Jawa.
3.3.4 Menuliskan isidialog
sandiwara berbahasa
Jawa

-      Wacana dialog Sandiwara berbahasa Jawa
-      Naskah Sandiwara
Model Bermain Peran dan Model Taba
·         Siswa menghayati teks secara berkelompok
·         Beberapa siswa membaca teks sandiwara di depan kelas, sementara yang lainnya menyimak
·         Siswa memerankan tokoh-tokoh sesuai dengan naskah teks
·         Siswa menemukan dan menghimpunpermasalahan dalam teks sandiwara tersebut
·         Guru memancing siswa agar dapat menghasilkan banyak saran/pendapat tentang permasalahan dalam teks
·         Menyepakati masalah-masalah yang ditemukan dengan melihat kalimat-kalimat atau dialog-dialog yang ada dalam teks.
·         Siswa berkelompok untuk mendiskusikan permasalahan yang ada dalam teks
·      ObservasimenilaiSikap spiritual dansocial
·      Tes individual tertulis/lisan
4 x pertemuan @ 2 JP
2 x pertemuan @ 2 JP
1. Buku Paket bahasa Jawa
2. Naskah teks sandiwara basa Jawi
3. Majalah basa Jawi
4. Kalawarti basa Jawi
5. Video sandiwara  dalam Bahasa Jawa
4.3
Menulis dan menyajikan  naskah sandiwara

4.3.1  Membacanaskah sandiwara
4.3.2  Mengidentifikasi tokoh yang adadalam dialog.
4.3.3  Mendiskusikanisi teks.
4.3.4  Membuat teks dialog denganmempertimbangkan santunberbahasa.
4.3.5  Secara kelompokmemeragakandialog
3.4
Menelaah teks deskripsi tentang upacara adat
3.4.1 Menjawab pertanyaan
bacaan
3.4.2 Menuliskanpokok-
pokok isi bacaan
upacara adat
3.4.3 Menceritakan kembali
         pokok-pokok isi
         bacaan upacara adat
-       Teks deskripsi tatacara/upacara adat
-       Tayangan Peristiwa upacara adat
-       Siswa secara berkelompok mengamati tayangan peristiwa adat Jawa
-       Mencatat peristiwa-peristiwa yang ada dalam tayangan tersebut
-       Memilah peristiwa-peristiwa pokok dalam tayangan tersebut
-       Menyusun kembali peristiwa-peristiwa yang ada dalam upacara adat Jawa secara berurutan
-       Mengembangkan kerangka karangan tentang peristiwa-peristiwa dalam upacara adat Jawa tersebut
-       Menuliskan kembali teks naratif peristiwa adat yang dilihat
-   ObservasimenilaiSikap spiritual dan social
-   Tes individual tertulis/lisan
4 x pertemuan @ 2 JP
1.    Buku Paket Bahasa Jawa
2.    Naskah teks sandiwara basa Jawi
3.    Majalah basa Jawi
4.    Kalawarti basa Jawa
4.4
Menulis teks deskriptif tentang upacara adat
4.4.1 Mengamatiperistiwa
upacaraadat
4.4.2   Mencatatpokok- pokok peristiwa upacaraadat
4.4.3  Menyusun urutan peristiwa upacaraadat
4.4.4   Menulis teks naratif peristiwa upacaraadat yangdilihat
4.5











SILABUSMATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan                  : SMP
Mata Pelajaran                        : Bahasa Jawa
Kelas/Semester                        : IX/Genap
Alokasi Waktu                        : 18 x 2JP

KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya terkaitdengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4
:
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak(menulis, membaca, menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori.

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pembelajaran
Model Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1
Memahami teks geguritan
3.1.1        Mengidentifikasi pokok-pokok isi geguritan
3.1.2        Menganalisisamanat geguritan.
Reguler:
-          Teks geguritan
-          Isi geguritan
-          Arti geguritan
-          Jenis geguritan
-          Purwakanthi
-          Citraan

Remidial:
-          Isi geguritan

Pengayaan:
-          Teks geguritan gagrag Lawas lan geguritan gagrag anyar
Pendekatan berbasis teks dengan model pembelajaran Discovery Learning/Inquiry
1.    Stimulus, peserta didik membaca teks geguritan
2.    Identifikasi masalah, peserta didik mengartikan kata-kata yang dianggap sulit dalam teks geguritan serta peserta didik mencari isi geguritan
3.    Mengumpulkan data, peserta didik menuliskan kata-kata yang dianggap sulit
4.    Pengolahan data, peserta didik mengartikan kata-kata yang dianggap sukar dan menuliskan isi
5.    Pembuktian, peserta didik dan guru membahas kata-kata sulit dan isi geguritan
6.    Menarik kesimpulan, peserta didik dan guru menyimpulkan isi geguritan dari pemahaman kata-kata sulit

·    Sikap
-          Observasi dengan menilai sikap spiritual dan sosial
·    Kognitif
Tes Tertulis
-          Golekana pokok-pokok isi geguritan!
-          Tulisen piwulang/amanat saka geguritan kasebut!

·    Keterampilan
Produk: berupa syair geguritan

Praktik : membaca geguritan yang ditulis
2 x 40’
(1 x pertemuan)
·    Murid
·    Guru
·    Bausastra Basa Jawa
·    Padha Bisa Basa Jawa
·    Buku Pepak Basa Jawa
·    LCD dan Komputer
·    Teks geguritan
4.1
Menulis dan membaca geguritan
4.1.1        Menulis geguritan gagrag anyar.
4.1.2        Membaca indahgeguritan yang ditulis

·    Peserta didik mendiskusikan struktur geguritan
·    Peserta didik menulis geguritan
·    Peserta didik membacakan geguritan yang dibuat
4 x 40’
(2 x pertemuan)

3.2
Menelaah tekspiwulang serat Wulangreh pupuh Durma.

3.2.1        Mengidentifikasikaidah teks
piwulang SeratWulangreh pupuhDurma
3.2.2        Mengungkapkansecara tertulis isi tembangSerat Wulangrehpupuh Durma
3.2.3        Mengungkapkan pitutur luhur teks Serat Wulangreh pupuh Durma
Reguler:
-          Teks wulangreh pupuh Durma
-          Kaidah teks tembang Durma

Remidial:
-          Teks wulangreh pupuh Durma

Pengayaan:
-       Teks serat Wulangreh pupuh Durma pada 11
Model pembelajaran Problem Based Learning
·    Orientasi, peserta didik membaca teks Serat Wulangreh pupuh Durma
·    Mengorganisasi, peserta didik mengidentifikasi struktur teks Serat Wulangreh pupuh Durma
·    Penyelidikan, peserta didik mengartikan kata-kata yang dianggap sulit dalam teks serat Wulangreh pupuh Durma
·    Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, peserta didik mengungkapkan isi serat Wulangreh pupuh Durma
·    peserta didik menentukan pitutur luhur teks serat Wulangreh pupuh Durma
·    Menganalisis dan mengevaluasi, peserta didik mengerjakan latihan soal tentang tembang Durma
·    Sikap
-          Observasi dengan menilai sikap spiritual dan sosial
·    Kognitif
Tes Tertulis
-          Menuliskan struktur teks pupuh Durma
-          Mengartikan kata yang dianggap sulit dalam tembang Durma
-          Menuliskan isi tembang
-          Menuliskan pitutur luhur dalam tembang

·    Keterampilan
Projek: berupa tampilan dialog drama

2 x 40’
(1 x pertemuan)
·    Murid
·    Guru
·    Bausastra Basa Jawa
·    Padha Bisa Basa Jawa
·    Buku Pepak Basa Jawa
·    LCD dan Komputer
·    Teks wulangreh pupuh Durma
·    Teks Drama
4.2
Menulis dan memeragakan dialog drama sekolah
4.2.1        Membuat kerangkadialog.
4.2.2        Mengembangkankerangka dialogmenjadi dialog sesuaidengan santunberbahasa.
4.2.3        Secara berkelompokmemperagakandialog.
Reguler:
-          Unsur-unsur Drama

Remidial:
-          Unggah-ungguh basa

Pengayaan:
-       Menonton kethoprak
Model pembelajaran Project Based Cooperative Learning
·    Menentukan pertanyaan mendasar, peserta didik menerima penjelasan dari guru tentang pembelajaran dialog drama
·    Peserta didik mengidentifikasi tokoh dan unggah-ungguh basa dalam dialog drama
·    Mendesain perencanaan projek, peserta didik membuat kerangka dialog, mengembangkan kerangka dialog menjadi teks drama dengan skenario yang apik
·    Menyusun jadwal, peserta didik terbagi dalam kelompok oleh guru
·    Memonitor peserta didik dan kemajuan projek, peserta didik membagi peran dan tugasnya masing-masing
·    Menguji hasil, peserta didik dalam kelompoknya berlatih memeragakan dialog
·    Mengevaluasi, secara bergantian peserta didik memeragakan dialog drama yang sudah dipersiapkan.
6 x 40’
(3 x pertemuan)

3.3
Menelaah teks pidato.
3.3.1 Mengidentifikasi     struktur pidato.
3.3.2 Menjawab pertanyaan tentang isi pidato.
Teks pidato
Discovery Learning
1.    Stimulasi
·         Siswa membaca materi tentang pengertiandan metode pidato melelui powerpoint
·         Siswa membaca contoh teks pidato secara individu
2.    Identifikasi masalah
·      Siswa berkelompok menelaah struktur pidato
·         Siswa menemukan unsur yang terbentuk dalam struktur pidato
·         Siswa menganalisis unsur kabahasaan (Paramasastra basa jawa, diksi, tanda baca)
3.    Pengumpulan data
·         Siswa bersama guru bertanya jawab tentang struktur pembangun pidato
·         Siswa dan guru mengidentisifikasi kesalahan dalam penulisan unsur kebahasaan dalam teks pidato
4.    Pengolahan data
·         Siswa dan guru secara bersama-sama membetulkan kesalahan dalam penulisan unsur kebahasaan dalam teks
·         Siswa dan guru bertanya jawab tentang  isi pidato.
5.    Pembuktian data
·         Siswa membuat teks sesorah
·         Siswa mempraktekkan pidato di depan kelas.
1.    Penugasan
2.    Observasi
-   Menganalisis struktur pidato
3.    Testertulis
-   Menjawab pertanyaan tentang isi pidato
4.    Proyek
-   Membuat teks pidato
5.    Praktek
-   Menbaca teks pidato
2 x 2 JP
-  Modul Piwulang Basa Jawi Kelas 9
-  Drs. Sofwan, M.Hum. 2011.Kawruh Aruming Basa.
PT. Widya Duta Grafika. Surakarta

4.3
Membuat dan menyampaikan teks pidato.
4.3.1 Mernyusun  teks pidato
4.3.2 Menyampaikan teks pidato
3.4
Memahami  sandiwara tradisional Jawa.
3.4.1.Mengidentifikasi unsur intrinsik sandiwara
3.4.2.Menjelaskan isi sandiwara berbahasa Jawa
Teks sandiwara

Problem based learning
1.    Orientasi
·      Siswa menerima informasi mengenai penggunaan basa krama dari guru
·      Siswa mengamati  sandiwara tradisional jawa yang telah disajikan
2.    Mengorganisasi
·      Siswa berkelompok menentukan unsur-unsur intrinsik sandiwara
·      Siswa mendiskusikan mengenai isi sandiwara
3.    Membimbing
·      Siswa dengan guru secara bersama menyimpulkan unsur intrinsik sandiwara
·      Siswa dengan guru membahas tentang penggunaan ragam basa krama

4.    Mengembangkan
·      Siswa menjelaskan isi sandiwara berbahasa Jawa
·      Siswa menanggapi isi teks cerita kethoprak/wayang dengan ragam krama 
5.    Menganalisis dan mengevaluasi
·      Siswa bersama kelompok menganalisis kesalahan dan memperbaiki  isi teks cerita kethoprak/wayang dengan ragam krama
·      Siswa dan guru mengevaluasi tentang kesalahan isi teks cerita kethoprak/wayang dengan ragam krama
1.    Penugasan
2.    Observasi
-    Mengidentifikasi unsur intrinsik sandiwara
3.    Tes tertulis
-    Menulis ringkasan isi teks cerita kethoprak/wayang
4.    Unjuk kerja
-    Menanggapi isi teks cerita kethoprak/wayang

2 x 2 JP
-  Modul Piwulang Basa Jawi kelas 9
-  Endang Dwi Lestari. 2009. Kawruh Sapala Basa. PT. Intan Pariwara. Klaten
4.4
Menanggapi isi teks cerita kethoprak/wayang dengan ragam krama.
4.4.1.Menanggapi isi teks cerita kethoprak/wayang dengan ragam krama
4.4.2.Memperbaiki isi teks cerita kethoprak/wayang dengan ragam krama



0 komentar:

Popular Posts

Recent Posts

PILIHAN MENU

Unordered List

Aris Nurwanto. Diberdayakan oleh Blogger.

Buscar

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang pendidik tepatnya mengajar Bahasa Jawa.