Silabus Bahasa Jawa SMP Kelas IX Kurikulum 13
SILABUS MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP (Sekolah Menengah Pertama)
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas/Semester :
IX/Gasal
Alokasi Waktu :
18 x 2JP
KI 3
|
:
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya terkaitdengan
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranahkonkret (menggunakan, mengurai,
merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak(menulis, membaca,
menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah
dan sumber lain yang sama dalamsudut pandang/teori.
|
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Materi
Pembelajaran
|
Model
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.1
|
|||||||
4.1
|
|||||||
3.2
|
|||||||
4.2
|
|||||||
3.3
|
Menelaah naskah sandiwara.
|
3.3.1 Mendengarkan wacana
teks
dialog sandiwara
berbahasa
Jawa.
3.3.2 Mengajukan dan
menjawabpertanyaan
tentang isi dialog
sandiwara berbahasa
Jawa
3.3.3 Membetulkan
diksi/ragam yang tidak
sesuai
dalam dialog
sandiwaraberbahasa
Jawa.
3.3.4 Menuliskan isidialog
sandiwara berbahasa
Jawa
|
- Wacana dialog Sandiwara berbahasa Jawa
- Naskah Sandiwara
|
Model Bermain
Peran dan Model Taba
·
Siswa menghayati teks secara berkelompok
·
Beberapa siswa membaca teks sandiwara di
depan kelas, sementara yang lainnya menyimak
·
Siswa memerankan tokoh-tokoh sesuai dengan
naskah teks
·
Siswa menemukan dan
menghimpunpermasalahan dalam teks sandiwara tersebut
·
Guru memancing siswa agar dapat menghasilkan
banyak saran/pendapat tentang permasalahan dalam teks
·
Menyepakati masalah-masalah yang ditemukan
dengan melihat kalimat-kalimat atau dialog-dialog yang ada dalam teks.
·
Siswa berkelompok untuk mendiskusikan
permasalahan yang ada dalam teks
|
·
ObservasimenilaiSikap spiritual dansocial
·
Tes individual tertulis/lisan
|
4 x pertemuan @ 2 JP
2 x pertemuan @ 2 JP
|
1. Buku Paket bahasa Jawa
2. Naskah teks sandiwara basa Jawi
3. Majalah basa Jawi
4. Kalawarti basa Jawi
5. Video sandiwara dalam Bahasa Jawa
|
4.3
|
Menulis dan menyajikan naskah sandiwara
|
4.3.1 Membacanaskah
sandiwara
4.3.2 Mengidentifikasi
tokoh yang adadalam dialog.
4.3.3 Mendiskusikanisi
teks.
4.3.4 Membuat
teks dialog denganmempertimbangkan
santunberbahasa.
4.3.5 Secara
kelompokmemeragakandialog
|
|||||
3.4
|
Menelaah teks deskripsi tentang upacara adat
|
3.4.1 Menjawab pertanyaan
bacaan
3.4.2 Menuliskanpokok-
pokok isi bacaan
upacara adat
3.4.3 Menceritakan kembali
pokok-pokok isi
bacaan upacara adat
|
- Teks
deskripsi tatacara/upacara adat
- Tayangan Peristiwa upacara adat
|
- Siswa secara berkelompok mengamati
tayangan peristiwa adat Jawa
- Mencatat peristiwa-peristiwa yang ada
dalam tayangan tersebut
- Memilah peristiwa-peristiwa pokok dalam
tayangan tersebut
- Menyusun kembali peristiwa-peristiwa yang
ada dalam upacara adat Jawa secara berurutan
- Mengembangkan kerangka karangan tentang
peristiwa-peristiwa dalam upacara adat Jawa tersebut
- Menuliskan kembali teks naratif peristiwa
adat yang dilihat
|
- ObservasimenilaiSikap
spiritual dan social
- Tes
individual tertulis/lisan
|
4 x pertemuan @ 2 JP
|
1. Buku Paket Bahasa Jawa
2. Naskah teks sandiwara basa Jawi
3. Majalah basa Jawi
4. Kalawarti basa Jawa
|
4.4
|
Menulis
teks deskriptif tentang upacara adat
|
4.4.1 Mengamatiperistiwa
upacaraadat
4.4.2
Mencatatpokok- pokok peristiwa upacaraadat
4.4.3
Menyusun urutan peristiwa upacaraadat
4.4.4 Menulis
teks naratif peristiwa upacaraadat yangdilihat
|
|||||
4.5
|
Satuan Pendidikan :
SMP
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas/Semester :
IX/Genap
Alokasi Waktu :
18 x 2JP
KI 3
|
:
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya terkaitdengan
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak(menulis, membaca, menghitung, menggambar,dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajaridi sekolah dan sumber lain yang sama
dalamsudut pandang/teori.
|
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Materi
Pembelajaran
|
Model
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.1
|
Memahami teks geguritan
|
3.1.1
Mengidentifikasi
pokok-pokok isi geguritan
3.1.2
Menganalisisamanat geguritan.
|
Reguler:
-
Teks geguritan
-
Isi geguritan
-
Arti geguritan
-
Jenis geguritan
-
Purwakanthi
-
Citraan
Remidial:
-
Isi geguritan
Pengayaan:
-
Teks geguritan gagrag Lawas lan
geguritan gagrag anyar
|
Pendekatan berbasis teks dengan model pembelajaran Discovery
Learning/Inquiry
1.
Stimulus, peserta didik membaca
teks geguritan
2.
Identifikasi masalah, peserta didik
mengartikan kata-kata yang dianggap sulit dalam teks geguritan serta peserta
didik mencari isi geguritan
3.
Mengumpulkan data, peserta didik
menuliskan kata-kata yang dianggap sulit
4.
Pengolahan data, peserta didik
mengartikan kata-kata yang dianggap sukar dan menuliskan isi
5.
Pembuktian, peserta didik dan guru
membahas kata-kata sulit dan isi geguritan
6. Menarik kesimpulan, peserta didik dan
guru menyimpulkan isi geguritan dari pemahaman kata-kata sulit
|
·
Sikap
-
Observasi dengan menilai sikap
spiritual dan sosial
· Kognitif
Tes
Tertulis
-
Golekana pokok-pokok isi
geguritan!
-
Tulisen piwulang/amanat saka geguritan kasebut!
·
Keterampilan
Produk:
berupa syair geguritan
Praktik
: membaca geguritan yang ditulis
|
2 x 40’
(1 x pertemuan)
|
·
Murid
·
Guru
·
Bausastra Basa Jawa
·
Padha Bisa Basa Jawa
·
Buku Pepak Basa Jawa
·
LCD dan Komputer
·
Teks geguritan
|
4.1
|
Menulis dan membaca geguritan
|
4.1.1
Menulis
geguritan gagrag anyar.
4.1.2
Membaca
indahgeguritan yang ditulis
|
· Peserta
didik mendiskusikan struktur geguritan
· Peserta
didik menulis geguritan
· Peserta
didik membacakan geguritan yang dibuat
|
4 x 40’
(2 x
pertemuan)
|
|||
3.2
|
Menelaah tekspiwulang serat Wulangreh pupuh Durma.
|
3.2.1
Mengidentifikasikaidah
teks
piwulang SeratWulangreh pupuhDurma
3.2.2
Mengungkapkansecara
tertulis isi tembangSerat Wulangrehpupuh Durma
3.2.3
Mengungkapkan pitutur luhur teks
Serat Wulangreh pupuh Durma
|
Reguler:
-
Teks wulangreh pupuh Durma
-
Kaidah teks tembang Durma
Remidial:
-
Teks wulangreh pupuh Durma
Pengayaan:
-
Teks serat Wulangreh pupuh Durma
pada 11
|
Model pembelajaran Problem Based Learning
·
Orientasi,
peserta didik membaca teks Serat Wulangreh pupuh Durma
·
Mengorganisasi,
peserta didik mengidentifikasi struktur teks Serat Wulangreh pupuh Durma
·
Penyelidikan,
peserta didik mengartikan kata-kata yang dianggap sulit dalam teks serat Wulangreh
pupuh Durma
·
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya, peserta didik mengungkapkan isi serat Wulangreh pupuh Durma
·
peserta didik menentukan pitutur
luhur teks serat Wulangreh pupuh Durma
·
Menganalisis dan mengevaluasi,
peserta didik mengerjakan latihan soal tentang tembang Durma
|
·
Sikap
-
Observasi dengan menilai sikap
spiritual dan sosial
· Kognitif
Tes
Tertulis
-
Menuliskan struktur teks pupuh
Durma
-
Mengartikan kata yang dianggap
sulit dalam tembang Durma
-
Menuliskan isi tembang
-
Menuliskan pitutur luhur dalam
tembang
·
Keterampilan
Projek:
berupa tampilan dialog drama
|
2 x 40’
(1 x
pertemuan)
|
·
Murid
·
Guru
·
Bausastra Basa Jawa
·
Padha Bisa Basa Jawa
·
Buku Pepak Basa Jawa
·
LCD dan Komputer
·
Teks wulangreh pupuh Durma
·
Teks Drama
|
4.2
|
Menulis dan memeragakan dialog drama
sekolah
|
4.2.1
Membuat
kerangkadialog.
4.2.2
Mengembangkankerangka dialogmenjadi
dialog sesuaidengan santunberbahasa.
4.2.3
Secara
berkelompokmemperagakandialog.
|
Reguler:
-
Unsur-unsur Drama
Remidial:
-
Unggah-ungguh basa
Pengayaan:
-
Menonton kethoprak
|
Model pembelajaran Project Based Cooperative Learning
· Menentukan pertanyaan mendasar, peserta didik menerima penjelasan dari
guru tentang pembelajaran dialog drama
·
Peserta didik mengidentifikasi
tokoh dan unggah-ungguh basa dalam dialog drama
·
Mendesain perencanaan projek,
peserta didik membuat kerangka dialog, mengembangkan kerangka dialog menjadi
teks drama dengan skenario yang apik
·
Menyusun jadwal,
peserta didik terbagi dalam kelompok oleh guru
·
Memonitor peserta didik dan
kemajuan projek, peserta didik membagi peran dan tugasnya masing-masing
·
Menguji hasil,
peserta didik dalam kelompoknya berlatih memeragakan dialog
·
Mengevaluasi,
secara bergantian peserta didik memeragakan dialog drama yang sudah
dipersiapkan.
|
6 x 40’
(3 x
pertemuan)
|
||
3.3
|
Menelaah teks pidato.
|
3.3.1 Mengidentifikasi struktur
pidato.
3.3.2 Menjawab pertanyaan tentang isi pidato.
|
Teks pidato
|
Discovery Learning
1. Stimulasi
·
Siswa membaca materi tentang pengertiandan
metode pidato melelui powerpoint
·
Siswa membaca contoh teks pidato secara individu
2. Identifikasi masalah
·
Siswa berkelompok menelaah struktur pidato
·
Siswa menemukan unsur yang terbentuk dalam
struktur pidato
·
Siswa menganalisis unsur kabahasaan
(Paramasastra basa jawa, diksi, tanda baca)
3. Pengumpulan data
·
Siswa bersama guru bertanya jawab tentang struktur pembangun pidato
·
Siswa dan guru mengidentisifikasi kesalahan dalam penulisan unsur
kebahasaan dalam teks pidato
4.
Pengolahan data
·
Siswa dan guru secara
bersama-sama membetulkan kesalahan dalam penulisan unsur kebahasaan dalam
teks
·
Siswa dan guru bertanya jawab tentang
isi pidato.
5.
Pembuktian data
·
Siswa membuat teks sesorah
·
Siswa mempraktekkan pidato di depan kelas.
|
1. Penugasan
2. Observasi
- Menganalisis struktur pidato
3. Testertulis
- Menjawab pertanyaan tentang isi pidato
4. Proyek
- Membuat teks pidato
5. Praktek
- Menbaca teks pidato
|
2 x 2 JP
|
-
Modul Piwulang Basa Jawi Kelas 9
-
Drs. Sofwan, M.Hum. 2011.Kawruh Aruming Basa.
PT. Widya Duta Grafika. Surakarta
|
4.3
|
Membuat dan menyampaikan teks pidato.
|
4.3.1 Mernyusun teks pidato
4.3.2 Menyampaikan teks pidato
|
|||||
3.4
|
Memahami
sandiwara tradisional Jawa.
|
3.4.1.Mengidentifikasi unsur intrinsik sandiwara
3.4.2.Menjelaskan isi sandiwara berbahasa Jawa
|
Teks sandiwara
|
Problem based learning
1.
Orientasi
·
Siswa menerima informasi mengenai penggunaan basa krama dari guru
·
Siswa mengamati sandiwara
tradisional jawa yang telah disajikan
2. Mengorganisasi
·
Siswa berkelompok menentukan unsur-unsur intrinsik sandiwara
·
Siswa mendiskusikan mengenai isi sandiwara
3.
Membimbing
·
Siswa dengan guru secara bersama menyimpulkan unsur intrinsik sandiwara
·
Siswa dengan guru membahas tentang penggunaan ragam basa krama
4. Mengembangkan
·
Siswa menjelaskan isi sandiwara berbahasa Jawa
·
Siswa menanggapi isi teks cerita kethoprak/wayang dengan ragam krama
5.
Menganalisis dan mengevaluasi
·
Siswa bersama kelompok menganalisis kesalahan dan memperbaiki isi teks cerita kethoprak/wayang dengan
ragam krama
·
Siswa dan guru mengevaluasi tentang kesalahan isi teks cerita
kethoprak/wayang dengan ragam krama
|
1. Penugasan
2. Observasi
-
Mengidentifikasi unsur intrinsik sandiwara
3. Tes tertulis
-
Menulis ringkasan isi teks cerita kethoprak/wayang
4. Unjuk kerja
-
Menanggapi isi teks cerita kethoprak/wayang
|
2 x 2 JP
|
-
Modul Piwulang Basa Jawi kelas 9
-
Endang Dwi Lestari. 2009. Kawruh Sapala Basa. PT. Intan Pariwara. Klaten
|
4.4
|
Menanggapi isi teks cerita
kethoprak/wayang dengan ragam krama.
|
4.4.1.Menanggapi isi teks cerita kethoprak/wayang
dengan ragam krama
4.4.2.Memperbaiki isi teks cerita kethoprak/wayang
dengan ragam krama
|
0 komentar:
Posting Komentar