Blog ini wujud kecintaan saya terhadap budaya Jawa, berisi tentang seputaran Bahasa Jawa dan sejenisnya. Ini hanya sebatas melestarikan supaya Bahasa Jawa tetap eksis meski diterjang kemajuan zaman yang semakin maju.

Sabtu, 24 November 2018

RPP Bahasa Jawa SMP Kelas VII Kurikulum 13 Kidang Kencana

RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       :   SMP
Mata Pelajaran            :   Bahasa Jawa
                                    Kelas/Semester            :   VII/ Genap
Materi Pokok              :   Paragraf Crita (Kidang Kencana) berhuruf latin
                                    Alokasi Waktu            :   2 X 2 JP

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian nyata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
4.5 Mengalihaksarakan paragraf Kidang Kencana berhuruf latin ke huruf Jawa.
4.5.1 Mengidentifikasi kaidah penulisan sandhangan, pasangan dan angka Jawa dalam paragrap cerita Kidang Kencana.
4.5.2 Mengalihaksarakan satu paragrap cerita Kidang Kencana.
4.5.2   Menganalisis kesalahan dalam alih aksara   Jawa.

C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning, peserta didik dapat mengidentifikasi kaidah penulisan angka Jawa dalam paragraf berhuruf Jawa.
Pertemuan II
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperative learning, peserta didik dapat:
1.         Mengalihaksarakan satu paragrap cerita Kidang Kencana.
2.         Menganalisis kesalahan dalam alih aksara Jawa.

Fokus nilai-nilai sikap: Tanggung jawab, Gotong Royong, Percaya Diri

D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
Penerapan sandhangan, pasangan, dan penulisan angka Jawa  aksara dalam paragraf.
2.      Materi Pembelajaran Remidi
Penulisan angka Jawa dalam paragraf.
3.      Materi Pembelajaran Pengayaan
Penerapan aksara na apabila bertemu aksara ca dan ja


E.     Metode Pembelajaran
Model       : Cooperatif Learning, Discovery Learning
Metode     :  tanya jawab, diskusi, penugasan

F.     Media
Media        : Potongan kertas bertuliskan aksara Jawa, Laptop, LCD

G.    Sumber Belajar
Priyanto dan Sawukir. 2002. Marsudi Basa lan Sastra Jawa. Jakarta: Penerbit Erlangga.

H.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama (2 X 2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
Komponen 4C
Level HOTS
Pendahuluan (10 menit)
1.         Salah satu peserta didik memimpin doa, Guru menyampaikan salam dan menanyakan kehadiran peserta didik.
2.       Motivasi: Guru memberikan apersepsi dengan  bertanya jawab berkaitan dengan penggunaan sandhangan, pasangan dan angka Jawa.
3.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan teknik penilaian.


Kegiatan Inti (55 menit)


Fase 1: Merumuskan pertanyaan.
4.         Peserta didik diberi 1 paragraf teks berhuruf Jawa yang terdapat angka Jawa.
Fase 2: Merencanakan.
5.         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi angka Jawa yang terdapat dalam teks berhuruf  Jawa.
Fase 3: Mengumpulkan dan menganalisis data.
6.   Peserta didik mengidentifikasi angka Jawa dalam contoh 1 paragraf berhuruf Jawa.
7. Peserta didik mengidentifikasi tata cara penulisan aksara Jawa dari contoh 1 paragraf teks berhuruf Jawa.








Critical thinking
Collaboration











Analisis (C4)

Kegiatan Penutup (10 menit)


Fase 4: Menarik kesimpulan.
8.         Siswa membuat kesimpulan berdasarkan hasil temuan pada Lembar Kerja Siswa.
Fase 5: Aplikasi dan tindak lanjut.
9.   Siswa menulis angka Jawa dalam paragraf Kidang Kencana berhuruf Latin.
10. Guru bersama peserta didik mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran.
11.  Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
12.     Peserta didik membuat simpulan tentang hasil proses belajar mengajar.
13.    Peserta didik membuat catatan dan rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
14.     Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.




Creativity






Communication




Aplikasi (C3)

Pertemuan Kedua (2 X 2 JP)
Kegiatan Pembelajaran
Komponen 4C
Level HOTS
Pendahuluan (10 menit)
1.        Salah satu peserta didik memimpin doa, Guru menyampaikan salam dan menanyakan kehadiran peserta didik.
2.        Motivasi: Guru memberikan apersepsi dengan  bertanya jawab berkaitan dengan penggunaan aksara Jawa pada masyarakat sekitar.
Fase 1: Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta didik
3.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan teknik penilaian.


Kegiatan Inti (55 menit)


Fase 2: Menyajikan informasi.
4.        Peserta didik membaca kembali materi minggu lalu dan referensi yang lain tentang penerapan sandhangan, pasangan dan angka Jawa.
Fase 3: Mengorganisasikan peserta didik ke dalam kelompok-kelompok belajar.
5.         Peserta didik berkelompok.
Fase 4: Membimbing kelompok bekerja dan belajar.
6.    Peserta didik berdiskusi menulis 1 paragraf aksara Jawa teks Kidang Kencana.





Critical thinking
Collaboration


Creativity


Kegiatan Penutup (10 menit)


Fase 5: Evaluasi
7.         Tiap kelompok menampilkan hasil garapan di depan.
Fase 6: Memberikan penghargaan
8.       Guru memberikan penghargaan bagi kelompok dengan skor tertinggi.
9. Guru bersama peserta didik mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran.
10.  Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
11.     Peserta didik membuat simpulan tentang hasil proses belajar mengajar.
12.     Peserta didik membuat catatan dan rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
13.     Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.

Communication



A.      Penilaian
1.         Teknik Penilaian
a.        Sikap Spiritual
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1.
Jurnal
Jurnal
Lampiran 4.a
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran

b.        Sikap Sosial
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1.
Jurnal
Jurnal
Lampiran 4.a
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran

c.         Pengetahuan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1.
Tertulis
Soal PG

Lampiran 3
Saat pembelajaran usai
Penilaian pencapaian pembelajaran

d.        Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1.
Penilaian kinerja
Lembar penilaian menulis 1 paragraf aksara Jawa teks kidang kencana
Lampiran 3a
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran

2.         Instrumen Penilaian
a.         Pertemuan pertama
1)        Lampiran
2)        Lampiran
b.        Pertemuan kedua
Lampiran
3.         Pembelajaran Remidial
Pada kegiatan remidial, guru memberikan pemahaman kepada peserta didik yang belum mencapai kompetensi dasar. Berikut ini altelnatif cara untuk memberikan remidi:
a.         Belum tuntas secara klasikal: Guru kembali memberi materi secara langsung tentang sandhangan, pasangan dan angka Jawa.
b.        Belum tuntas secara individual: Secara individu, peserta didik belajar bersama teman sebaya yang sudah menguasai materi kaidah penulisan sandhangan, pasangan dan angka Jawa.
Pembelajaran remedial dilaksanakan untuk peserta didik yang nilainya belum mencapai KKM. Pelaksanaan remedial dilakukan dengan penugasan individu tentang materi yang belum dikuasai dalam tugas-tugas sebelumnya. Untuk kompetensi keterampilan dilakukan pelatihan secara mandiri.
4.         Pembelajaran Pengayaan
Penugasan kelompok diluar jam pelajaran. Pembelajaran pengayaan dilakukan dengan memberikan tugas kepada peserta didik untuk menerapkan aksara murda.


…………..,    Juli 2018
Kepala SMP ………………                                             Guru Mapel Bahasa Jawa




………………………..                                                    …………………………




Lampiran
            Nama Anggota Kelompok      : ______________________________
                                                            : ______________________________
                                                            : ______________________________
                                                            : ______________________________
                                                            : ______________________________
            Kelas                                       : ______________________________
           
      Soal :
            A. Tulisen 1 ukara aksara latin nganggo aksara Jawa!
1.      Kowe ora prelu nguwatirake keslametanku.
2.      Rahwana ora kok lerem angkarane.
3.      Kaya dene emas, inten, lan berliyan.
4.      Saniki taksih enjing sanget.
5.      Adhi tumbas klambi putih.
B.  Coba wacanen kasil garapane kelompok liya lan benerna sing salah!

      Kunci Jawaban :
            A. 1. ?[ko[w[aorp}luzuwti/r[kkesLmetTnK|.
                2. ?rhwn[aor[kok<xmH=kr[n.
                3. ?ky[f[naems\ainten\lnBe/liyn\,
                4. ?snikitkSih[avJi=szet\,
                5. ?aditumBs\kLmBiputih.
       B. Kasumanggakaken

Rubrik Penilaian:
No.
Aspek yang dinilai
Kriteria/Skor
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak sesuai
1.
Ketepatan penulisan aksara Jawa
8-10
6-8
0-5
2.
Kerapian
8-10
6-8
0-5

Pedoman Penskoran:
Nilai akhir :     skor yang diperoleh
                    ----------------------------  X 100
                              Skor maksimal







Lampiran 1
Kidang Kencana
            Rahwana marani patihe kang aran Marica. Dheweke ngandhakake kepinginane kanggo nyulik Dewi Sinta. Dheweke akon Marica supaya gelem ngewangi kanggo merdaya Rama lan Lesmana kanthi memba dadi Kidang Kencana. Nalika Rama lan Lesmana lunga ninggalake Sinta, Rahwana dhewe sing bakal nyulik Sinta.



ALIH AKSARA:
kif=kevCn
          ?rhwnmrniptih[ak=arnMric.[d[w[kKznDkH[kkepizinN[nk=[govulikSinT.[d[w[kKa[konMricsupygeX[mZw=zik=[gome/fyrmln<sMnknQimemBffikif=kevCn.nlikrmln<sMnluzni=glL[ksinT,rhwn[d[wsi=bklVulikSinT.


Rubrik Penilaian:
No.
Aspek yang dinilai
Kriteria/Skor
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak sesuai
1.
Ketepatan penulisan aksara Jawa
8-10
6-8
0-5
2.
Kerapian
8-10
6-8
0-5

Pedoman Penskoran:
Nilai akhir :     skor yang diperoleh
        ----------------------------  X 100
                  Skor maksimal




0 komentar:

Popular Posts

Recent Posts

PILIHAN MENU

Unordered List

Aris Nurwanto. Diberdayakan oleh Blogger.

Buscar

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang pendidik tepatnya mengajar Bahasa Jawa.