RPP Bahasa Jawa SMP Kelas VII Kurikulum 13 Kidang Kencana
RENCANA
PELAKSANAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas/Semester : VII/ Genap
Materi
Pokok : Paragraf
Crita (Kidang Kencana) berhuruf latin
Alokasi
Waktu : 2 X 2 JP
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian
nyata.
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
4.5 Mengalihaksarakan paragraf Kidang Kencana
berhuruf latin ke huruf Jawa.
|
4.5.1 Mengidentifikasi kaidah penulisan sandhangan,
pasangan dan angka Jawa dalam paragrap cerita Kidang Kencana.
4.5.2 Mengalihaksarakan
satu paragrap cerita Kidang Kencana.
4.5.2 Menganalisis kesalahan dalam alih aksara Jawa.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
Setelah mengikuti serangkaian
pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning, peserta didik
dapat mengidentifikasi kaidah penulisan angka Jawa dalam paragraf berhuruf
Jawa.
Pertemuan II
Setelah mengikuti serangkaian
pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperative
learning, peserta didik dapat:
1.
Mengalihaksarakan satu paragrap cerita Kidang Kencana.
2.
Menganalisis kesalahan dalam alih aksara Jawa.
Fokus nilai-nilai sikap: Tanggung jawab,
Gotong Royong, Percaya Diri
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran Reguler
Penerapan sandhangan,
pasangan,
dan penulisan angka Jawa aksara dalam paragraf.
2.
Materi Pembelajaran Remidi
Penulisan angka Jawa dalam
paragraf.
3.
Materi Pembelajaran Pengayaan
Penerapan aksara na apabila
bertemu aksara ca dan ja
E. Metode Pembelajaran
Model : Cooperatif
Learning, Discovery Learning
Metode : tanya jawab,
diskusi, penugasan
F. Media
Media : Potongan kertas
bertuliskan aksara Jawa, Laptop, LCD
G. Sumber
Belajar
Priyanto dan Sawukir. 2002. Marsudi Basa lan Sastra Jawa. Jakarta: Penerbit Erlangga.
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 X 2 JP)
Kegiatan
Pembelajaran
|
Komponen
4C
|
Level
HOTS
|
Pendahuluan
(10 menit)
|
||
1.
Salah satu peserta didik memimpin doa, Guru
menyampaikan salam dan menanyakan kehadiran peserta didik.
2. Motivasi:
Guru memberikan apersepsi dengan
bertanya jawab berkaitan dengan penggunaan sandhangan, pasangan dan
angka Jawa.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
teknik penilaian.
|
||
Kegiatan
Inti (55 menit)
|
||
Fase 1: Merumuskan pertanyaan.
4.
Peserta
didik diberi 1 paragraf teks berhuruf Jawa yang terdapat angka Jawa.
Fase 2: Merencanakan.
5.
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi
angka Jawa yang terdapat dalam teks berhuruf
Jawa.
Fase 3: Mengumpulkan dan menganalisis data.
6. Peserta didik mengidentifikasi angka Jawa dalam contoh 1 paragraf
berhuruf Jawa.
7. Peserta
didik mengidentifikasi tata cara penulisan
aksara Jawa dari contoh 1 paragraf teks berhuruf Jawa.
|
Critical
thinking
Collaboration
|
Analisis (C4)
|
Kegiatan
Penutup (10 menit)
|
||
Fase 4: Menarik kesimpulan.
8.
Siswa membuat
kesimpulan berdasarkan hasil temuan pada Lembar Kerja Siswa.
Fase 5: Aplikasi dan tindak lanjut.
9. Siswa menulis angka
Jawa dalam paragraf Kidang Kencana
berhuruf Latin.
10. Guru bersama peserta
didik mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran.
11. Guru memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
12.
Peserta didik membuat
simpulan tentang hasil proses belajar mengajar.
13. Peserta didik membuat
catatan dan rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
14.
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti.
|
Creativity
Communication
|
Aplikasi (C3)
|
Pertemuan Kedua
(2 X 2 JP)
Kegiatan
Pembelajaran
|
Komponen
4C
|
Level
HOTS
|
Pendahuluan
(10 menit)
|
||
1.
Salah satu peserta didik memimpin doa, Guru
menyampaikan salam dan menanyakan kehadiran peserta didik.
2. Motivasi:
Guru memberikan apersepsi dengan
bertanya jawab berkaitan dengan penggunaan aksara Jawa pada masyarakat
sekitar.
Fase 1: Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan memotivasi peserta didik
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan
teknik penilaian.
|
||
Kegiatan
Inti (55 menit)
|
||
Fase 2: Menyajikan
informasi.
4. Peserta didik membaca kembali materi minggu lalu dan referensi yang lain tentang penerapan sandhangan, pasangan dan angka Jawa.
Fase 3: Mengorganisasikan
peserta didik ke dalam kelompok-kelompok belajar.
5.
Peserta didik berkelompok.
Fase 4: Membimbing
kelompok bekerja dan belajar.
6. Peserta didik berdiskusi
menulis 1 paragraf aksara Jawa teks Kidang Kencana.
|
Critical
thinking
Collaboration
Creativity
|
|
Kegiatan
Penutup (10 menit)
|
||
Fase 5: Evaluasi
7.
Tiap kelompok menampilkan hasil garapan di depan.
Fase 6: Memberikan penghargaan
8. Guru memberikan penghargaan bagi kelompok dengan skor
tertinggi.
9. Guru bersama peserta
didik mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran.
10. Guru memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
11.
Peserta didik membuat
simpulan tentang hasil proses belajar mengajar.
12.
Peserta didik membuat
catatan dan rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
13.
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti.
|
Communication
|
A.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap
Spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Jurnal
|
Jurnal
|
Lampiran 4.a
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran
|
b.
Sikap
Sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Jurnal
|
Jurnal
|
Lampiran 4.a
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran
|
c.
Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Tertulis
|
Soal PG
|
Lampiran 3
|
Saat
pembelajaran usai
|
Penilaian
pencapaian pembelajaran
|
d.
Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Penilaian
kinerja
|
Lembar
penilaian menulis 1 paragraf aksara
Jawa teks kidang kencana
|
Lampiran 3a
|
Saat
pembelajaran berlangsung dan/atau setelah usai
|
Penilaian
untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran
|
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan pertama
1)
Lampiran
2)
Lampiran
b.
Pertemuan kedua
Lampiran
3.
Pembelajaran Remidial
Pada kegiatan remidial, guru memberikan pemahaman
kepada peserta didik yang belum mencapai kompetensi dasar. Berikut ini
altelnatif cara untuk memberikan remidi:
a.
Belum tuntas secara
klasikal: Guru kembali memberi materi secara langsung tentang sandhangan,
pasangan dan angka Jawa.
b.
Belum tuntas secara
individual: Secara individu, peserta didik belajar bersama teman sebaya yang
sudah menguasai materi kaidah penulisan sandhangan, pasangan dan angka Jawa.
Pembelajaran
remedial dilaksanakan untuk peserta didik yang nilainya belum mencapai KKM.
Pelaksanaan remedial dilakukan dengan penugasan individu tentang materi yang
belum dikuasai dalam tugas-tugas sebelumnya. Untuk kompetensi keterampilan
dilakukan pelatihan secara mandiri.
4.
Pembelajaran Pengayaan
Penugasan kelompok diluar jam pelajaran. Pembelajaran
pengayaan dilakukan dengan memberikan tugas kepada peserta didik untuk
menerapkan aksara murda.
………….., Juli 2018
Kepala
SMP ……………… Guru
Mapel Bahasa Jawa
……………………….. …………………………
Lampiran
Nama Anggota Kelompok : ______________________________
:
______________________________
: ______________________________
: ______________________________
: ______________________________
Kelas : ______________________________
Soal :
A.
Tulisen 1 ukara aksara latin nganggo
aksara Jawa!
1. Kowe ora prelu nguwatirake keslametanku.
2. Rahwana ora kok lerem angkarane.
3. Kaya dene emas, inten, lan berliyan.
4. Saniki taksih enjing sanget.
5. Adhi tumbas klambi putih.
B. Coba wacanen
kasil garapane kelompok liya lan benerna sing salah!
Kunci Jawaban :
A. 1. ?[ko[w[aorp}luzuwti/r[kkesLmetTnK|.
2. ?rhwn[aor[kok<xmH=kr[n.
3. ?ky[f[naems\ainten\lnBe/liyn\,
4. ?snikitkSih[avJi=szet\,
5. ?aditumBs\kLmBiputih.
B. Kasumanggakaken
Rubrik Penilaian:
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria/Skor
|
||
Sesuai
|
Kurang Sesuai
|
Tidak sesuai
|
||
1.
|
Ketepatan penulisan aksara Jawa
|
8-10
|
6-8
|
0-5
|
2.
|
Kerapian
|
8-10
|
6-8
|
0-5
|
Pedoman Penskoran:
Nilai
akhir : skor
yang diperoleh
---------------------------- X 100
Skor maksimal
Lampiran 1
Kidang Kencana
Rahwana
marani patihe kang aran Marica. Dheweke ngandhakake kepinginane kanggo nyulik
Dewi Sinta. Dheweke akon Marica supaya gelem ngewangi kanggo merdaya Rama lan
Lesmana kanthi memba dadi Kidang Kencana. Nalika Rama lan Lesmana lunga
ninggalake Sinta, Rahwana dhewe sing bakal nyulik Sinta.
ALIH
AKSARA:
kif=kevCn
?rhwnmrniptih[ak=arnMric.[d[w[kKznDkH[kkepizinN[nk=[govulikSinT.[d[w[kKa[konMricsupygeX[mZw=zik=[gome/fyrmln<sMnknQimemBffikif=kevCn.nlikrmln<sMnluzni=glL[ksinT,rhwn[d[wsi=bklVulikSinT.
Rubrik Penilaian:
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Kriteria/Skor
|
||
Sesuai
|
Kurang Sesuai
|
Tidak sesuai
|
||
1.
|
Ketepatan penulisan aksara Jawa
|
8-10
|
6-8
|
0-5
|
2.
|
Kerapian
|
8-10
|
6-8
|
0-5
|
Pedoman Penskoran:
Nilai
akhir : skor yang diperoleh
---------------------------- X 100
Skor maksimal
0 komentar:
Posting Komentar