RPP Bahasa Jawa SMA/SMK Kelas XII Kurikulum 13 AKSARA SWARA
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMK/ SMA
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Tema : Huruf Jawa
Sub
Tema : Aksara Swara
Kelas/Semester :
XII/Gasal
Materi Pokok :
Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara
Alokasi waktu :
4 x 45 menit
A.
Kompetensi Inti
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar
3.5 Mengidentifikasi kaidah penulisan teks 5 (lima)
paragraf berhuruf Jawa menggunakan aksara swara.
4.5 Menulis
dan menyajikan teks berhuruf Jawa lima
paragraf yang menggunakan aksara swara
C.
Indikator
Pembelajaran
3.1.1
Mengidentifikasi aksara Jawa dengan
menggunakan aksara swara dalam bentuk paragraf
3.1.2
Mengevaluasi aksara jawa dengan
menggunakan aksara swara dalam bentuk paragraf
4.1.2 Memroduksi
bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara
4.1.3
Menyunting bentuk teks lima paragraf
Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara
4.1.4
Menyajikan bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara
Swara
Karakter :Bertanggung jawab, disiplin, berani
D.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1. Mengidentifikasi bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Aksara Swara dengan runtut
2. Menganalisisbentuk
teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara dengan tepat
3. Memroduksi bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Aksara Swara dengan benar
4. Menyunting bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Aksara Swara dengan tepat
5. Menyajikan
bentuk teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara dengan sempurna
Karakter
: Mandiri, Teliti dan Berani
E.
Materi Pembelajaran
1. Fakta
Teks aksara swara
2. Konsep
Ciri aksara swara
3. Prinsip
Penggunaan aksara swara
4. Prosedur
Teknik menyajikan dan menulis aksara swara
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : teks lima
paragraf Aksara Jawa menggunakan aksara swara
Alat Pembelajaran : LCD dan Laptop
Sumber
belajar :
1.Widaryatmo,Gandung dkk.2013.Prigel Basa Jawa Jilid
3.Jakarta:Erlangga
2. LKS Bahasa Jawa MGMP
2. Diktat / Modul Bahasa
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
· Peserta didik menjawab salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
· Peserta didik menerima informasi
tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
· Peserta didik menerima informasi
kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
· Peserta didik mandirimembaca teks lima paragraf
Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara
Peserta didik mencermati teks lima paragraf Aksara
Jawa menggunakan Aksara Swara
Menanya
· Peserta didik
diberi kesempatan beranimempertanyakan Aksara Jawa yang sulit
dalam teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara
· Peserta didikberani membuat
pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Aksara Swara
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Bersama siswa menyimpulkan isi teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Aksara Swara
|
20 menit
|
Pertemuan
2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
· Siswa menjawab salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara.
· Siswa menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran sebelumnya ( isi teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Aksara Swara) dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan (mengidentifikasi isi teks lima paragraf
Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara).
· Siswa menerima informasi kompetensi,
materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Apersepsi
dan motivasi
· Contoh teks lima
paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara baru digunakan sebagai stimulan dengan pertanyaan untuk
memasuki kegiatan Inti.
|
10 menit
|
kegiatan Inti
|
Mengumpulkan Informasi
· Teliti membaca
teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara.
· Menemukan aksara Jawa yang sulit dalam penulisan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara
Swara
|
60 menit
|
Penutup
|
· Menyimpulkan isi yang terkandung dalam teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara.
· Guru bersama-sama peserta didik
melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
|
20 menit
|
Pertemuan
3
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan awal
|
·
Siswa menjawab salam dan mengondisikan kelas
· Tanya jawab tentang teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Aksara Swara
· Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan
langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Apersepsi dan motivasi
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengumpulkan Informasi
· BeraniMenulis
dan menyajikan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara disesuaikan dengan istilah bahasa asing pada masing-masing
jurusan* (HOTS dan Ciri SMK)
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Menyimpulkan cara penulisan teks lima paragraf Aksara Jawa menggunakan
Aksara Swara.
· Guru bersama-sama peserta didik
melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
|
20 menit
|
Pertemuan
4
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan awal
|
· Siswa menjawab salam dan dilanjutkan dengan pengondisian kelas
· Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya.Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Tanya jawab tentang penulisanteks
lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengkomunikasikan
· Peserta didikmandirisecara tertulis
menyajikan teks
lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara
· Peserta didikberani membaca hasil tulisan teks
lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara dari teman.
· Peserta didik beranimemberi tanggapan isi dengan bahasa
sendiri mengenai tulisan teks lima paragraf Aksara Jawa
menggunakan Aksara Swaratemannya.
|
60 menit
|
Penutup
|
· Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan penulisan
teks
lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara.
Tugas Tidak Terstruktur
· Memberi tugas
untuk menulis teks
lima paragraf Aksara Jawa menggunakan Aksara Swara Bertemakan Jurusan masing-masing siswa secara
berkelompok sebagai bahan pembelajaran selanjutnya.
|
20 menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
a.
Teknik
penilaian : Observasi : sikap religiius
dan sikap sosial
b.
Bentuk
penilaian : Lembar pengamatan
c.
Instrumen
penilaian : Jurnal (terlampir)
2.
Pengetahuan
Jenis/
Teknik tes : Tertulis
dan lisan
Bentuk tes : Uraian
a. Tertulis
b. Penugasan
c. Instrumen Penilaian (terlampir)
3.
Keterampilan
Teknik/ Bentuk
Penilaian : Praktik/ Performence
Instrumen Penilaian
(terlampir)
Pedoman Penskoran penilaian
pengetahuan
1.
Soal nomor 1
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa menjawab
dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab
benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab
benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab
kurang benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
4
|
2.
Soal nomor 2
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa menjawab
dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab
benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab
benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab
kurang benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
4
|
3.
Soal nomor 3
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa menjawab
dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab
benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab
benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab
kurang benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
4
|
4.
Soal nomor 4
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa
mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa
mendeskripsikan dengan benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa
mendeskripsikan dengan benar dan
sedang
|
S
|
2
|
Siswa
mendeskripsikan dengan kurang benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
4
|
5.
Soal nomor 5
Aspek
|
Tingkat
|
Nilai
|
Siswa
mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa
mendeskripsikan dengan benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa
mendeskripsikan dengan benar dan
sedang
|
S
|
2
|
Siswa
mendeskripsikan dengan kurang benar
|
K
|
1
|
NILAI MAKSIMAL
|
4
|
………………,
2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………….. ………………….
LAMPIRAN:
1.
Materi Pembelajaran
PROSES PEMBELAJARAN KELAS XII SEMESTER 1
MATERI AKSARA SWARA
A. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
I
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Orientasi /Pembukaan
-
Guru membuka pembelajaran dengan
berdoa, salam, dan menanyakan siswa yang tidak hadir
2. Apersepsi
-
Guru melakukan apersepsi untuk
mengaitkan materi yang telah dikuasai siswa dan yang akan dipelajari
-
Siswa menerima informasi tentang
materi aksara swara
3. Motivasi
-
Guru memotivasi siswa
-
Siswa menerima informasi
kompetensi, tujuan, dan manfaat mempelajari aksara swara
4. Pemberian acuan
-
Siswa menerima informasi sumber
belajar yang bisa digunakan
|
5’
|
Kegiatan Inti
|
Pemodelan
·
Mengamati
teks wacana aksara swara yang disajikan
·
Menganalisa ciri dan kegunaan aksara swara
·
Menyalin teks aksara swara
·
Menemukan kata yang menggunakan aksara swara
MenanggapiTeks
aksara swara secara kelompok(bersama-sama)
·
Membuat
kelompok belajar dan membagi teks aksara swara
·
Masing-masing kelompok menganalisa ciri dan
kegunaan aksara swara
·
Menyalin teks aksara swara
·
Menemukan kata beraksara swara dalam teks
Menanggapiteks
aksara swara secara Individu
·
Secara
individu siswa menanggapi teks aksara swara
|
75’
|
Penutup
|
1.
Siswa mengumpulkan tugas materi
yang telah dipelajari
2.
Siswa merefleksi penguasaan
materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan / rangkuman / kesimpulan
3.
Siswa mendengarkan arahan guru
tentangrencana pembelajaran guru pada pertemuan yang akan datang
|
10’
|
Pertemuan
II
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Orientasi /Pembukaan
-
Guru membuka pembelajaran dengan
berdoa, salam, dan menanyakan siswa yang tidak hadir
2. Apersepsi
-
Guru melakukan apersepsi untuk
mengaitkan materi yang telah dikuasai siswa dan yang akan dipelajari
-
Siswa menerima informasi tentang
materi aksara swara
3. Motivasi
-
Guru memotivasi siswa
-
Siswa menerima informasi
kompetensi, tujuan, dan manfaat mempelajari aksara swara
4. Pemberian acuan
-
Siswa menerima informasi sumber
belajar yang bisa digunakan
|
5’
|
Kegiatan Inti
|
Menulis Teks
beraksara swara secara kelompok(bersama-sama)
·
menulis syair aksara swara dengan bahasa sendiri secara kelompok dengan
memperhatikan aturan tembang macapat
Menulis Teks aksara
swara secara individu
·
menulis syair aksara swara dengan bahasa sendiri secara individu dengan
memperhatikan aturan tembang macapat
|
75’
|
Penutup
|
1.
Siswa mengumpulkan tugas materi
yang telah dipelajari
2.
Siswa merefleksi penguasaan
materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan / rangkuman / kesimpulan
3.
Siswa mendengarkan arahan guru
tentangrencana pembelajaran guru pada pertemuan yang akan datang
|
10’
|
Pertemuan
III
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Orientasi /Pembukaan
-
Guru membuka pembelajaran dengan
berdoa, salam, dan menanyakan siswa yang tidak hadir
2.
Apersepsi
-
Guru melakukan apersepsi untuk
mengaitkan materi yang telah dikuasai siswa dan yang akan dipelajari
-
Siswa menerima informasi tentang
materi aksara swara
3.
Motivasi
-
Guru memotivasi siswa
-
Siswa menerima informasi
kompetensi, tujuan, dan manfaat mempelajari aksara swara
4.
Pemberian acuan
-
Siswa menerima informasi sumber
belajar yang bisa digunakan
|
5’
|
Kegiatan Inti
|
Menyajikan Teks
aksara swara
·
Siswa berlatih menyajikan aksara swara
secara bersama dengan bimbingan guru
·
Siswa menyajikan hasil karya teks aksara
swara yang telah dibuat
|
75’
|
Penutup
|
1.
Siswa mengumpulkan tugas materi
yang telah dipelajari
2.
Siswa merefleksi penguasaan
materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan / rangkuman / kesimpulan
3.
Siswa mendengarkan arahan guru
tentangrencana pembelajaran guru pada pertemuan yang akan datang
|
10’
|
Pertemuan
IV
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Orientasi /Pembukaan
-
Guru membuka pembelajaran dengan
berdoa, salam, dan menanyakan siswa yang tidak hadir
2. Apersepsi
-
Guru melakukan apersepsi untuk
mengaitkan materi yang telah dikuasai siswa dan yang akan dipelajari
-
Siswa menerima informasi tentang
materi aksara swara
3. Motivasi
-
Guru memotivasi siswa
4. Pemberian acuan
-
Siswa menerima informasi sumber
belajar yang bisa digunakan
|
5’
|
Kegiatan Inti
|
Menyajikan Teks aksara swara
·
Siswa menyajikan hasil karya aksara swara
yang dibuat pada pertemuan sebelumnya
|
75’
|
Penutup
|
Siswa dan
guru bersama-sama merefleksi materi yang telah dipelajari dengan membuat
catatan / rangkuman / kesimpulan
|
10’
|
Materi
Ajar
1. Wujude Aksara Swara
Wujude
|
Arane
|
Tuladhane
|
Aksara latin
|
A
|
A
|
A[mrikh
|
Amerika
|
I
|
I
|
I[nFo[nsiyh
|
Indonesia
|
U
|
U
|
Uk] I n
|
Ukraina
|
E
|
E
|
E[roph
|
Eropa
|
O
|
O
|
Ow[b=o
|
Owabong
|
Pemodelan
2. Teks Aksara Jawa
?Aminhlai/ai=[wo[nogirifinseninsu/ykpi=;19;taun\;2005;.AminhxmenSze[tHolhrg[polibisf[fkH[kaw[kSat.Aminhfu[wniadicch;2;yaikuEsTilnImm\,[d[w[kHt}sNasihmr=sfulure,adi[ntnshfi[a[m=oknQirstulusHsih.
?wulnAgustT|sAminhfu[wnipepizinNnpLesi/men=A[mrikh,am/gA[mrikhppnK=[anFhlnB[wr.[wo[nTnai=A[merikhAminhfu[wnipepizinNn[folnMev=Unip+e/sitsk=[konD=k[lokyaikua/p+/fUnip+e/siti.
3.
Kaidah
Penulisan Aksara swara
1.
Aksara swara kanggo nulis aksara vokal saka tembung manca.
2.
Aksara swara ora bisa dadi pasangan .
Lembar Kerja Siswa (kelompok )
Wangsulana pitakon ing ngisor iki !
1. Aksara swara iku ana pira lan tulisen aksarane!
2. Kepiye panganggone aksara swara?
3. Gawea ukara kanthi nggunakake aksara swara!
Jawaban :
1.
Aksara swara cacahe ana 5 yaiku :
Wujude
|
Arane
|
A
|
A
|
I
|
I
|
U
|
U
|
E
|
E
|
O
|
O
|
2. a. Aksara swara kanggo nulis aksara vokal saka tembung manca.
b. Aksaraswara ora bisa dadi pasangan .
3. ms\U UsMn\nG|nJ|[kKopin=ters\
Media Ajar
Teks Aksara Jawa
Coba golekana aksara swara kang mapan ana ing wacan
ing ngisor iki !
?Aminhlai/ai=[wo[nogirifinseninsu/ykpi=;19;taun\;2005;.AminhxmenSze[tHolhrg[polibisf[fkH[kaw[kSat.Aminhfu[wniadicch;2;yaikuEsTilnImm\,[d[w[kHt}sNasihmr=sfulure,adi[ntnshfi[a[m=oknQirstulusHsih.
?wulnAgustT|sAminhfu[wnipepizinNnpLesi/men=A[mrikh,am/gA[mrikhppnK=[anFhlnB[wr.[wo[nTnai=A[merikhAminhfu[wnipepizinNn[folnMev=Unip+e/sitsk=[konD=k[lokyaikua/p+/f
Unip+e/siti.
Tugas mandiri :
Salinen nganggo aksara latin wacan ing ngisor iki !
?Aminhlai/ai=[wo[nogirifinseninsu/ykpi=;19;taun\;2005;.AminhxmenSze[tHolhrg[polibisf[fkH[kaw[kSat.Aminhfu[wniadicch;2;yaikuEsTilnImm\,[d[w[kHt}sNasihmr=sfulure,adi[ntnshfi[a[m=oknQirstulusHsih.
?wulnAgustT|sAminhfu[wnipepizinNnpLesi/men=A[mrikh,am/gA[mrikhppnK=[anFhlnB[wr.[wo[nTnai=A[merikhAminhfu[wnipepizinNn[folnMev=Unip+e/sitsk=[konD=k[lokyaikua/p+/f.
Kunci jawaban
:
Aminah lair
ing Wonogiri dina Senin surya kaping 19 taun 2005. Aminah remen sanget olahraga
voli, amarga bisa ndadekake awak sehat.
Aminah duweni adhi cacah 2 yaiku Esti lan Iman. Dheweke tresna asih marang sadulure, adhine tansah
diemong kanthi rasa tulus asih.
Wulan Agustus
Aminah duweni pepinginan plesir menyang Amerika, amarga Amerika papan kang
endah lan bawera. Wonten ing Amerika Aminah duweni pepinginan dolan menyang
universitas kang kondhang kaloka yaiku Harvard University. Dheweke duweni pepinginan sawise lulus banjur
nglanjutake menyang perguruan tinggi Harvard University.
1. Aksara jawa lan
pasangan
A.
Aksara Swara
Aksara swara yakuwi aksara kang dienggo
kanggo nulis huruf vocal lan tembung sesrapan sekang basa asing (manca) kanggo
njelasake pelafalan.
2. Lampiran Instrumen Penilaian
A. Penilaian
Sikap
INTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Sekolah : SMK/SMA
Tahun pelajaran :
2018/2019
Kelas/Semester :
XII/ Gasal
Mata
Pelajaran : Bahasa Jawa
Materi
Pokok : Aksara Jawa
Menggunakan Aksara Swara
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Pos/ Neg
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
B. Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Kisi-kisi
KD
|
IPK
|
Materi Pokok
|
Stimulus
|
Indikator Soal
|
No Soal
|
3.5Mengidentifikasi kaidah
penulisan teks 5 (lima) paragraf berhuruf Jawa
menggunakanaksara swara.
|
1. Mengidentifikasi aksara jawa dengan menggunakan aksara swara
|
Aksara swara
|
Aksara jawa
menggunakan aksara swara
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi aksara jawa
menggunakan aksara swara
|
1.2
|
2. Mengevaluasi aksara jawa
dengan menggunakan aksara swara
|
Aksara swara
|
Aksara jawa menggunakan aksara swara
|
Disajikan teks aksara jawa.peserta didik dapat
mengevaluasi tulisan aksara jawa menggunakan aksara swara
|
3.4
|
|
3.Memroduksi bentuk teks beraksara Jawa menggunakan
Aksara Swara
|
Aksara swara
|
Aksara jawa menggunakan aksara swara
|
Peserta didik dapat menulis
aksara latin keaksara jawa dengan menggunakan aksara swara
|
5
|
|
4. Memroduksi bentuk teks beraksara Jawa menggunakan
Aksara Swara
|
Aksara swara
|
Aksara jawa menggunakan aksara swara
|
Peserta didik dapat menulis
aksara jawa keaksara latin dengan menggunakan aksara swara
|
6
|
|
Tes Tertulis
Uraian
Pitakon:
1.
Coba sebutna lan tulisna cacahe aksara swara ?
2. Jelasna kagunan aksara swara
?
3. Salinen ukara ing ngisor
kiye nganggo aksra swara jawa kang bener ?
Nabi Ismail putrane nabi Ibrahim
4. Salinen ukara ing ngisor
kiye nganggo aksara latinkang bener
?I[nFo[nsiyhnegrmkM|/.
Kunci Jawaban;
1
|
Ana lima yakuwe :
2.
A
3.
I
4.
U
5.
E
6.
O
|
2
|
Gunane yakuwe kanggo nulis nama uwong lan
panggonan utawa bahasa serapan(asing)
|
3
|
?!biIsMailPut][n!biIb]aim\.
|
4
|
Indonesia negara makmur
|
Pedoman
Penskoran
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta didik menyebutkan aksara
swara dengan sangat tepat
|
4
|
a.
Peserta didik menyebutkan
aksara jawa dengan tepat
|
3
|
|
b.
Peserta didik menyebutkan dengan kurang tepat
|
2
|
|
c.
Peserta didik menyebutkan dengan tidak tepat
|
1
|
|
Soal
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
2
|
Peserta didik menjelaskan kegunaan
aksara swara dengan sangat tepat
|
4
|
d.
Peserta didik menjelaskankegunaan aksara swara
dengan tepat
|
3
|
|
e.
Peserta didik menjelaskan
kegunaan aksara swara dengan kurang tepat
|
2
|
|
f.
Peserta didik menjelaskankegunaan aksara swara
dengan tidak tepat
|
1
|
|
Soal
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
3
|
Peserta didik menulis aksara latinke
dalam huruf jawa aksara swara dengan sangat tepat
|
4
|
g.
Peserta didik menulis aksara latin ke dalam huruf jawa aksara swara dengan tepat
|
3
|
|
h.
Peserta didik menulis aksara latin ke dalam huruf jawa aksara swara dengan kurang tepat
|
2
|
|
i.
Peserta didik menulis aksara latin ke dalam huruf jawa aksara swara dengan tidak tepat
|
1
|
|
Soal
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
4
|
Peserta didik menyalinhuruf jawa
aksara swara dengan sangat tepat
|
4
|
j.
Peserta didik menyalin huruf jawa aksara swara dengan tepat
|
3
|
|
k.
Peserta didik menyalin huruf jawa aksara swara dengan kurang tepat
|
2
|
|
l.
Peserta didik menyalinhuruf jawa aksara swara tidak
tepat
|
1
|
|
Soal
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
|
Penugasan
Tugas mandiri:
1.
Wacanen maneh teks tembang Pangkur dalam Serat
Wedhatama ing basa Jawa lan basa Indonesiane!
2.
Ringkesen isi lan amanate tembang mau kanthi basa
krama kang becik!
Kriteria penilaian proyek
adalah sebagai berikut:
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Bobot
|
1.
|
Isi
|
15%
|
2.
|
Bahasa
|
30%
|
3.
|
Presentasi karya
|
30%
|
4.
|
Hasil karya
|
25%
|
C. Instrumen
Penilaian Keterampilan
KD
|
IPK
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
No Soal
|
4.1 Menulis dan menyajikan teks berhuruf jawa 5 paragraf menggunakan aksara swara.
|
1.
Memroduksi tulisan beraksara jawa yang menggunakan aksara swara dalam bentuk
paragraf
|
Aksara swara
|
Peserta didik dapat memroduksi tulisan aksara jawa yang menggunakan aksara swara dalam
bentuk paragraf
|
1
|
2.
Menyajikan tulisan beraksara jawa yang menggunakan aksara swara dalam bentuk
paragraf
|
Aksara swara
|
Peserta didik dapat menyajikan tulisan aksara jawa
yang menggunakan aksara jawa dalam bentuk paragraf
|
2
|
|
3
|
Soal
1.
Gawea
ukara
2 paragraf aksara jawa kanthi gunakake aksara swara!
2.
Coba wacakna ukara 2 paragraf akasara jawa iki kanthi bener lan
patitis !
Pedoman Penskoran
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
1
|
p.
Peserta didik dapat menulis dengan kaidah sangat tepat
|
4
|
q.
Peserta didik dapat menulis dengan kaidah tepat
|
3
|
|
r.
Peserta didik dapat menulis kurang tepat
|
2
|
|
s.
Peserta didik dapat menulis tidak tepat
|
1
|
|
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
2
|
t.
Peserta didik dapat menyajikan dengan kaidah sangat tepat
|
4
|
u.
Peserta didik dapat menyajikan dengan kaidah tepat
|
3
|
|
Peserta didik dapat menyajikan kurang
tepat
|
2
|
|
Peserta didik dapat menyajikan tidak
tepat
|
1
|
0 komentar:
Posting Komentar