Blog ini wujud kecintaan saya terhadap budaya Jawa, berisi tentang seputaran Bahasa Jawa dan sejenisnya. Ini hanya sebatas melestarikan supaya Bahasa Jawa tetap eksis meski diterjang kemajuan zaman yang semakin maju.

Sabtu, 24 November 2018

RPP Bahasa Jawa SMP Kelas VII Kurikulum 13 Resi Jatayu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                          : SMP
Mata Pelajaran               : Bahasa Jawa
Kelas/Semester               : VIII / Genap
Materi Pokok                 : Teks Ramayana (Resi Jatayu)
Alokasi Waktu               : 3 x 2JP

A.    Kompetensi Inti
KI-3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkaitpenyebab fenomena dan  kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4   Mengolah, menalar, dan  menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengem-bangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. 

B.     Kompetensi Dasar

No
Kompetensi Dasar

Indikator
3.1
Memahami isi teks cerita Ramayana
3.1.1 Siswa dapat menjelaskan isi  yang terkandung dalam teks cerita Ramayana (Resi Jatayu) sesuai dengan diksi, ejaan, struktur kebahasaan yang benar

3.1.3 Siswa dapat menjelaskan pitutur luhur yang terdapat pada teks Cerita Ramayana (Resi Jatayu)

4.1
Menanggapi isi teks cerita Ramayana (Resi Jatayu)
4.1.1 Siswa dapat memeragakan cerita Ramayana (Resi Jatayu) sesuai dengan pocapan, patrap dan polatan yang benar.

4.1.2 Siswa dapat menulis cerita Ramayana (Resi Jatayu) sesuai dengan diksi, ejaan, struktur kebahasaan yang benar.

4.1.3. Siswa dapat mengkaitkan pitutur luhur dengan kondisi yang ada di masyarakat sekitar

C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
3.1.1 Siswa dapat menjelaskan isi  yang terkandung dalam teks cerita Ramayana (Resi Jatayu) sesuai dengan diksi, ejaan, struktur kebahasaan yang benar

4.1.1 Siswa dapat memeragakan cerita Ramayana (Resi Jatayu) sesuai dengan pocapan, patrap dan polatan yang benar.

Pertemuan II
3.1.1 Siswa dapat menjelaskan isi  yang terkandung dalam teks cerita Ramayana (Resi Jatayu) sesuai dengan diksi, ejaan, struktur kebahasaan yang benar

4.1.2 Siswa dapat menulis cerita Ramayana (Resi Jatayu) sesuai dengan diksi, ejaan, struktur kebahasaan yang benar.

Pertemuan III
3.1.3 Siswa dapat menjelaskan pitutur luhur yang terdapat pada teks Cerita Ramayana (Resi Jatayu)

4.1.3. Siswa dapat mengkaitkan pitutur luhur dengan kondisi yang ada di masyarakat sekitar

Fokus Karakter
1.      Kerjasama
2.      Percaya Diri
D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler
Teks Cerita Ramayana Resi Jatayu
2.      Materi Pembelajaran Remedial
Teks Cerita Ramayana Resi Jatayu
3.      Materi Pembelajaran Pengayaan
Teks Cerita Ramayana Resi Jatayu

E.     Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran : Pemodelan,
Model : Cooperatif dan Rool Playing
F.     Media dan Bahan
Media : LKS (Lampiran 1),
-           Power Point berisi teks cerita Ramayana Resi Jatayu
-          Video berisi teks cerita Ramayana Resi Jatayu
-           
Alat Pembelajaran : laptop, LCD Proyektor, alat tulis,
G.    Sumber Belajar
Priyantono lan Sawukir.2014. Marsudi Basa lan sastra Jawa.Jakarta: Erlangga
H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu 3 JP (3x40)
PERTEMUAN 1
No
Kegiatan Pembelajaran
Komponen 4C
Level HOTS
1
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
  1. Siswa berdoa sebelum belajar
  2. Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
  3. Apersepsi: menunjukkan contoh teks kalimat atur-atur untuk membangkitkan minat peserta didik
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran


2
Kegiatan Inti (55 Menit)
1.      Siswa mengamati video yang berisi Cerita Ramayana Resi Jatayu
2.      Siswa bertanya jawab mengenai cerita Ramayana Resi Jatayu
3.      Secara individual siswa mengerjakan tes rumpang sambil mendengarkan dengaran teks Resi Jatayu
4.      Siswa berdiskusi membentuk kelompok
5.      Siswa secara berkelompok menganalisis isi / struktur cerita Ramayana
6.      Siswa menjelaskan isi Teks Ramayana Resi Jatayu
7.      Siswa mengkonfirmasi jawaban siswa yang maju ke depan kelas kemudian memberikan penilaian/ menanggapi diksi, keruntutan isi hasil presentasi kelompok
8.      Siswa membaca pemahaman skenario atau naskah yang telah disajikan
9.      Ketua kelompok membagi peran masing-masing sesuai yang terdapat dalam scenario.
10.  Setiap siswa menghafalkan dialog dalam skenario
11.  Kelompok yang sudah benar-benar siap ditunjuk maju memperagakan scenario di depan kelas
12.  Siswa secara berkelompok sesuai peran memperagakan cerita Ramayana dengan ekspresi, polatan, dan pocapan yang benar.
13.  Siswa menanggapi lafal, intonasi, ekspresi, penghayatan, dan penampilan bermain peran kelompok

Critical Thinking

Collaboration


Creativity


Communication

3
Kegiatan Akhir
1.      Siswa bersama dengan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan.
2.      Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran selanjutnya.


Communication

PERTEMUAN 2
No
Kegiatan Pembelajaran
Komponen 4C
Level HOTS
1
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
  1. Siswa berdoa sebelum belajar
  2. Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
  3. Apersepsi: menunjukkan contoh teks kalimat atur-atur untuk membangkitkan minat peserta didik
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran


2
Kegiatan Inti (55 Menit)
1.      Siswa membaca teks cerita Ramayana Resi Jatayu
2.      Siswa dengan bimbingan guru bertanya jawab tentang cerita Ramayana Resi Jatayu
3.      Siswa berkelompok melakukan diskusi kelompok sesuai tugas yang diberikan
4.      Siswa menganalisis ejaan, struktur tulis, dan diksi teks Cerita Ramayana Resi Jatayu
5.      Siswa menjelaskan hasil diskusi kelompok di depan kelas
6.      Kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok yang dipresentasikan

Critical Thinking

Collaboration


Creativity


Communication

3
Kegiatan Akhir
3.      Siswa bersama dengan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan.
4.      Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran selanjutnya.


Communication

No
Kegiatan Pembelajaran
Komponen 4C
Level HOTS

PERTEMUAN 3
No
Kegiatan Pembelajaran
Komponen 4C
Level HOTS
1
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
  1. Siswa berdoa sebelum belajar
  2. Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
  3. Apersepsi: menunjukkan contoh teks kalimat atur-atur untuk membangkitkan minat peserta didik
4. Menyampaikan tujuan pembelajaran


2
Kegiatan Inti (55 Menit)
1.      Siswa membaca teks Ramayana Resi Jatayu yang disediakan guru
2.      Siswa mebentuk kelompok
3.      Siswa secara berkelompok mencari pitutur luhur yang ada dalam teks cerita Ramayana Resi Jatayu
4.      Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas, kelompok lain menanggapi
5.      Siswa bersama guru mengkaitkan / menjelaskan keterkaitan apa yang dilakukan dalam cerita masih dilakukan sekarang atau tidak.


Critical Thinking

Collaboration


Creativity


Communication

3
Kegiatan Akhir
5.      Siswa bersama dengan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan.
6.      Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran selanjutnya.


Communication

No
Kegiatan Pembelajaran
Komponen 4C
Level HOTS
I.       Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.      Pengetahuan 1
KD
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian

3.1.1 Siswa dapat menjelaskan isi  yang terkandung dalam teks cerita Ramayana (Resi Jatayu) sesuai dengan diksi, ejaan, struktur kebahasaan yang benar


Tes Rumpang

Contoh Butir Intrumen lampiran
b.      Pengetahuan 2
KD
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian

3.1.3 Siswa dapat menjelaskan pitutur luhur yang terdapat pada teks Cerita Ramayana (Resi Jatayu)


Uraian

Contoh Butir Intrumen lampiran

c.       Keterampilan 1
KD
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian

4.1.1 Siswa dapat memeragakan cerita Ramayana (Resi Jatayu) sesuai dengan pocapan, patrap dan polatan yang benar.

Unjuk Kerja

Contoh Butir Intrumen lampiran

Keterampilan 2
KD
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian

4.1.2 Siswa dapat menulis cerita Ramayana (Resi Jatayu) sesuai dengan diksi, ejaan, struktur kebahasaan yang benar.

Unjuk Kerja

Contoh Butir Intrumen lampiran
Keterampilan 3
KD
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian

4.1.3. Siswa dapat mengkaitkan pitutur luhur dengan kondisi yang ada di masyarakat sekitar

Unjuk Kerja

Contoh Butir Intrumen lampiran

2.      Pembelajaran Remedial
3.      Pembelajaran Pengayaan



…………..,    Juli 2018
Kepala SMP ………………                                             Guru Mapel Bahasa Jawa




………………………..                                                    …………………………




MATERI


 LEMBAR KERJA SISWA
TEKS RUMPANG

Rajaning peksi punika … (1) Jathayu.Piyambakpun dados mitra raketipun Prabu Dasarata. Nalika … (2) putranipun mitranipun …(3)  Rahwana, Jathayu enggal tumandang damel mitulungi. Kreta kencana … (4) kemawon, Sinta …. (5) Rahwana nggegegi, boten nguwalaken  saengga dados udreg-udregan …(6)  Sinta ing gegana. Eman, Jatayu kalindhih, … (7) saha dipunajar dening Rahwana. Salah satunggaling swiwi sengkleh tugel. Jathayu taksih megap-megap …,(8)  kumleyang ing awing-awang, dangu-dangu …(9)  ing siti, klebekan.
Laju …(10) kretanipun Rahwana nggondhol Sinta. Sinta ngraosaken sakit, badanipun lungkrah boten kanten-kantenan amargi … (11) kangge rebatan. Sekedhap-sekedhap polah nedya uwal,nanging tetep kasikep dening Rahwana ingkang linambaran … (12) nepsu lan kasmaran dhateng Sinta ingkang satuhu merak ati.
Sinta sagedipun naming …, (13) nyuwun welas asih, saha ngrerintih sedhih. Sekar cundhuk, gelang, tuwin kalungipun sami … (14) pating kececer. Sinten kemawon ingkang … (15) kawontenan saha polahipun menapa dene miring tangis tuwin pasambatanipun Sinta temtu tumut trenyuh lan sedhih. Kewan-kewan wana, wit-witan, tetuwuhan, lan rerumputan kemawon … (16) welas asih. Redi-redi …(17)  mbisu sisah. Angin mboten lumampah.Angkasa timbreng nglemeng nggameng kesaput mega mendhung. Srengenge surem, …(18) kucem. Sedaya isinipun jagad, tumut …(19) sungkawa. Nanging wonten tiyang setunggal ingkang boten …(20) raos welas, inggih punika Rahwana.
NILAI AKHIR = Jumlah Betul  x 100
                                      20



RUBRIK PENILAIAN 1
  3.2. Pengetahuan
1)      Teknik Penilaian                   : Penugasan
2)       Bentuk Instrumen                : Skala
3)       Kisi-kisi                                :
No.
Aspek yang dinilai
No. Butir
1

Siswa dapat menjelaskan isi  yang terkandung dalam teks cerita Ramayana (Resi Jatayu) sesuai dengan diksi, ejaan, struktur kebahasaan yang benar


LAMPIRAN Pengetahuan
      Instrumen Penilaian Pengetahuan (K3)
TUGAS KELOMPOK
1.      Jlentrehna isi teks Crita Ramayana Resi Jatayu kasebut kanthi diksi, ejaan lan struktur bahasa kang bener!

PEDOMAN PENSKORAN
No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
1.     Penggunaan ejaan, tanda baca, istilah-istilah bahasa Jawa lengkap dan mudah dipahami
2.     Penggunaan ejaan, tanda baca, dan istilah bahasa Jawa kurang lengkap dan kurang dipahami
3.     Penggunaan ejaan, tanda baca, dan istilah bahasa Jawa tidak lengkap dan tidak dipahami

30

20

10
2.
Kesesuaian isi
1.    Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan ragam bahasa yang santun
2.    Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan ragam bahasa Jawa yang santun
3.    Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan ragam bahasa Jawa yang santun

30

20

10
3
Kerapian
1. Penulisan sangat rapi dan tidak terdapat coretan yang berarti
2. Penulisan kurang rapi dan sedikit coretan yang berarti
3. Penulisan tidak rapi dan banyak coretan yang berarti

30
20
10

Perhitungan nilai akhir:
(Skor dicapai x 10) : 9 = Nilai Akhir


RUBRIK PENILAIAN 2
  3.3. Pengetahuan
4)      Teknik Penilaian                   : Penugasan
5)       Bentuk Instrumen                : Skala
6)       Kisi-kisi                                :
No.
Aspek yang dinilai
No. Butir
2
3.1.3 Siswa dapat menjelaskan pitutur luhur yang terdapat pada teks Cerita Ramayana (Resi Jatayu)




LAMPIRAN Pengetahuan
      Instrumen Penilaian Pengetahuan (K3)
TUGAS KELOMPOK
1.        Jlentrehna pitutur luhur kang ana ing teks Cerita Ramayana Resi Jatayu kasebut !
PEDOMAN PENSKORAN

No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a.     Penggunaan ejaan, tanda baca, istilah-istilah bahasa Jawa lengkap dan mudah dipahami
b.      Penggunaan ejaan, tanda baca, dan istilah bahasa Jawa kurang lengkap dan kurang dipahami
c.       Penggunaan ejaan, tanda baca, dan istilah bahasa Jawa tidak lengkap dan tidak dipahami

30
20

10
2.
Kesesuaian isi
b.      Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan ragam bahasa yang santun
c.       Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan ragam bahasa Jawa yang santun
d.      Data (kalimat) kurang mendukung atau tidak sesuai dengan ragam bahasa Jawa yang santun

30

20

10
3
Kerapian
b.    Penulisan sangat rapi dan tidak terdapat coretan yang berarti
c.    Penulisan kurang rapi dan sedikit coretan yang berarti
d.   Penulisan tidak rapi dan banyak coretan yang berarti

30
20
10
4
Ketepatan Nilai Luhur
·         Sesuai dengan pitutur luhur yang terdapat dalam teks
·         Kurang sesuai dengan pitutur luhur yang terdapat dalam teks
·         Tidak sesuai dengan pitutur luhur yang terdapat dalam teks

30
20
10

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
(Skor pencapaian x 10 ) : 12 = Nilai Akhir

LAMPIRAN 3
Aspek Keterampilan (1)
1)      Teknik Penilaian                : Penugasan
2)       Bentuk Instrumen                        : Skala
Kisi-kisi    

No.
Aspek yang dinilai
No. Butir

4.1.1 Siswa dapat memeragakan cerita Ramayana (Resi Jatayu) sesuai dengan pocapan, patrap dan polatan yang benar


TUGAS KELOMPOK
Instrumen : Paragakna Crita Ramayana Resi Jatayu kanthi pocapan, polatan, lan patrap kang bener!
PEDOMAN PENSKORAN
RUBRIK PENILAIAN KELOMPOK

NO
Aspek
SKOR JAWABAN
1-5
1
Penampilan

2
Intonasi

3
Lafal

4
Diksi

5
Ketepatan Isi / Keruntutan Isi

6
Ekspresi / Polatan

7
Penghayatan

8
Struktur


JUMLAH SKOR      =

SKOR MAKSIMAL = 40

Keterangan :
Skor 1              = Sangat Kurang
Skor     2          = Kurang
Skor 3              = Cukup
Skor     4          = Baik
Skor 5              = Sangat Baik
 NILAI AKHIR =       Jumlah Skor x 100
                                    Skor Maksimal


LAMPIRAN 3
Aspek Keterampilan (2)
1)      Teknik Penilaian                : Penugasan
2)       Bentuk Instrumen                        : Skala
                                                 Kisi-kisi         

No.
Aspek yang dinilai
No. Butir

4.1.2 Siswa dapat menulis cerita Ramayana (Resi Jatayu) sesuai dengan diksi, ejaan, struktur kebahasaan yang benar.



TUGAS KELOMPOK
.  Penilaian Pengetahuan
a.  Teknik Penilaian    :  Tes Tertulis
b.  Bentuk Instrumen :  Tes Uraian
c.  Kisi-Kisi/Soal    :

No.
No.
KD
Materi
Pokok
Indikator
No.
Soal
Butir
Soal
Kunci
Jawaban
1
4.1.2
Teks Cerita Ramayana Resi Jatayu
Siswa dapat menulis cerita Ramayana (Resi Jatayu) sesuai dengan diksi, ejaan, struktur kebahasaan yang benar.

1
Tulisen Crita Ramayana (Resi Jatayu) kasebut kanthi diksi, ejaan, struktur kebahasaan kang bener!
Kebijakan guru sesuai pedoman penskoran

Pedoman Penskoran:

No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a.     Penggunaan ejaan, tanda baca, istilah-istilah bahasa Jawa lengkap dan mudah dipahami
b.      Penggunaan ejaan, tanda baca, dan istilah bahasa Jawa kurang lengkap dan kurang dipahami
c.       Penggunaan ejaan, tanda baca, dan istilah bahasa Jawa tidak lengkap dan tidak dipahami

30
20

10
2.
Kesesuaian isi
a.       Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan ragam bahasa yang santun
b.      Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan ragam bahasa Jawa yang santun
c.       Data (kalimat) kurang mendukung atau tidak sesuai dengan ragam bahasa Jawa yang santun

30

20

10
3
Kerapian
a.    Penulisan sangat rapi dan tidak terdapat coretan yang berarti
b.    Penulisan kurang rapi dan sedikit coretan yang berarti
c.    Penulisan tidak rapi dan banyak coretan yang berarti

30
20
10

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
(Skor pencapaian x 10 ) : 9 = Nilai Akhir
LAMPIRAN 3
Aspek Keterampilan (3)
1)      Teknik Penilaian                : Penugasan
2)       Bentuk Instrumen                        : Skala
                                                 Kisi-kisi         

No.
Aspek yang dinilai
No. Butir
3
4.1.3. Siswa dapat mengkaitkan pitutur luhur dengan kondisi yang ada di masyarakat sekitar



TUGAS KELOMPOK
Instrumen
1.            Kanthi diskusi, jlentrehna pitutur luhur kang kakandhut ana ing teks cerita Ramayana Resi Jatayu iku isih dianggo zaman saiki apa ora?
PEDOMAN PENSKORAN
No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
d.    Penggunaan ejaan, tanda baca, istilah-istilah bahasa Jawa lengkap dan mudah dipahami
e.       Penggunaan ejaan, tanda baca, dan istilah bahasa Jawa kurang lengkap dan kurang dipahami
f.       Penggunaan ejaan, tanda baca, dan istilah bahasa Jawa tidak lengkap dan tidak dipahami

30
20

10
2.
Kesesuaian isi
d.      Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan ragam bahasa yang santun
e.       Data (kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan ragam bahasa Jawa yang santun
f.       Data (kalimat) kurang mendukung atau tidak sesuai dengan ragam bahasa Jawa yang santun

30

20

10
3
Kerapian
d.   Penulisan sangat rapi dan tidak terdapat coretan yang berarti
e.    Penulisan kurang rapi dan sedikit coretan yang berarti
f.     Penulisan tidak rapi dan banyak coretan yang berarti

30
20
10
4
Penjelasan Keterkaiatan Pitutur Luhur
·         Sangat lengkap
·         Cukup
·         Kurang Lengkap

30
20
10
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
(Skor pencapaian x 10 ) : 12 = Nilai Akhir


0 komentar:

Popular Posts

Recent Posts

PILIHAN MENU

Unordered List

Aris Nurwanto. Diberdayakan oleh Blogger.

Buscar

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang pendidik tepatnya mengajar Bahasa Jawa.