RPP Bahasa Jawa SMA/SMK Kelas X Kurikulum 13 SANDHANGAN MANDASWARA
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK/ SMA
Kelas/Semester : X / Gasal
Tema : Maca lan Nulis Wacana Aksara Jawa
Subtema :
Kawruh Aksara Jawa
Materi Pokok : Sandangan Manda Swara
Pembelajaran ke : 1 / 2 / 3
AlokasiWaktu :
4 pertemuan x 2 jam pelajaran
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI
1Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 Memaham, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
No.
|
KompetensiDasar
|
No.
|
IPK
|
3.5.
|
Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara Jawa dalam 2
(dua) paragraf yang menggunakan sandhangan mandaswara
|
3.5.1.
|
Siswa
mampu menyebutkan sandangan mandaswara
|
3.5.2.
|
Siswa mampu mengidentifikasi kaidah
penulisan aksara Jawa dalam 2 (dua) paragraf yang menggunakan sandhangan
mandaswara
|
||
4.5.
|
Menulis dua paragraf berhuruf
Jawa yang menggunakan sandhangan mandaswara
|
4.5.1.
|
Siswa mampu menulis dua paragraf berhuruf
Jawa yang menggunakan sandhangan mandaswara
|
4.5.2.
|
Menyajikan teks paragraph yang menggunakan
sandhangan mandaswara
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatanpembelajarandenganpendekatanScientific pesertadidik dapat :
KD
3.5.1. : Setelah proses pembelajaran,
siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan sandhangan mandaswara dengan rasainin tahu, disiplin dan bertanggung
jawab.
KD
3.5.2. : Setelah proses pembelajaran,
siswa dapatmengidentifikasi kaidah penulisan aksara Jawa dalam 2 (dua) paragraf
yang menggunakan sandhangan mandaswara dengan disiplinselama pembelajarandan
pantangmenyerah
KD 4.5.1. :Setelah
proses pembelajaran, siswa dapatmenulis dua paragraf berhuruf Jawa yang
menggunakan sandhangan mandaswara dengan
kerja keras dan tanggung jawab.
KD 4.5.2. :
Setelah proses
pembelajaran, siswa dapat Menyajikan
teks paragraph yang menggunakan sandhangan mandaswara dengan percaya
diri
D. Materi
Ajar
1.
Huruf
Carakan
a n
c r k
ha na ca ra ka
f t s w l
da ta sa wa la
p d j y v
pa dha ja ya nya
m g b q z
ma ga ba tha nga
2.
Pasangan
aH nN
cC rR kK fF tT s S
wW lL
Ha Na
Ca Ra Ka Da
Ta Sa Wa
La
pP dD jJ
yY vV mM gG bB
qQ zZ
Pa Dha
Ja Ya Nya Ma
Ga Ba Ta Nga
Pasangan
nduweni piguna kangga mateni huruf ning ngarepe, biasane digunakake nalika ana
huruf kang ing tengah-tengah tembung mati.
Tuladha:
1. tumBs[Tm[P
:tumbas tempe
katrangan: pasangan
( B ) kanggo mateni aksara (m ), pasangan (P)
kanggo mateni aksara(m).
2. mznPis=
: mangan pisang
katrangan:
pasangan (P) kanggo mateni aksara ( n ).
3. Sandangan
a.
Sandangan Swara
Taling...[ = e, tuladha= (jahe =j[h ), (lele=[l[l)
Pepet... e = e, tuladha= (lenga,lez)
Wulu...i
= i, tuladha = (simBh, simbah)
Taling
tarung [...o= o,
tuladha= (loro=[lo[ro)
Suku...u = u,
tuladha= (tuku buku, tuku buku)
b.
Sandangan panyigeg
Wigyan...h =
h, tuladha lish
gjh
Cecak ...= = ng, tuladha= (jeneng=jene=)
Layar.../ =
tuladha = (sekar= sek)/ (bakar=bk/)
Pangkon...\ = kanggo mateni, tuladha= (mangan,mgn\ )
Fakta:
· Berbagai contoh pragraf berhuruf Jawa yang didalamnya terdapat sandhangan mandaswara.
Konsep:
·
Bentuk sandhangan
mandaswara
Cakra( ] ), cakra
keret ( } ),pengkal (- ), panjingan
la( L), panjingan
wa( W )
·
Tuladha paragraf bermandaswara
} ]
- L W
subg-numPkÑ~tsinmBimzn\kWci.
mLku[nk}tmauliwtÑ~teg\sWr[nk}=ktÑ~=[kt\
Subagya
numpak kreta sinambi mangan kwaci. Mlakune
kreta mau liwat kreteg, swarane
krengkat-krengket.
Prinsip:
· Karakteristik penerapan sandhangan mandaswara kedalam paragraf.
Prosedur:
· Langkah-langkah memroduksi pragraf berhuruf
Jawa yang didalamnya terdapat sandhangan mandaswara.
· Langkah-langkah menyajikan pragraf berhuruf
Jawa yang didalamnya terdapat sandhangan mandaswara.
E. Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
-
Pendekatan
: Scientific
-
Model Pembelajaan :
Inquiry, Project Based Learning, Discovery Learning
-
Metode
: inkuri, diskusi,
praktek, penugasan
F. Media
Media
: Laptop/player VCD,
CD/VCD, power point, LCD
G. dan
Sumber Belajar
Sumber
Belajar :
1.
Widaryatmo,
Gandung dkk. 2013. Prigel Basa Jawa Jilid
1. Jakarta: Erlangga
2.
Sasangka,
Sry Satriya TW. 2011. Paramasastra Gagrag
Anyar Basa Jawa. Jakarta: Paramalingua
3.
Darminto,
dkk. 2010. Kamus Besar Bausastra Jawa. Jakarta:
Kharisma
4.
Suliyanto.
2006. Bebakalan Basa Jawa. Wonogiri:
Pustaka Pribadi
5.
Purwaka,
W. 1991. Sekar Rinonce (Kawruh Basa
Jawa). Sukoharjo: Cendrawasih
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Orientasi
/Pembukaan
-
Guru
membuka pembelajaran dengan berdoa, salam, dan menanyakan siswa yang tidak
hadir
2. Apersepsi
-
Guru
melakukan apersepsi untuk mengaitkan materi yang telah dikuasai siswa dan
yang akan dipelajari
-
Siswa
menerima informasi tentang materi aksara Jawa (sandhangan mandaswara)
3. Motivasi
-
Guru
memotivasi siswa
-
Siswa
menerima informasi kompetensi, tujuan, dan manfaat mempelajari aksara Jawa (sandhangan
mandaswara)
4. Pemberian
acuan
-
Siswa
menerima informasi sumber belajar yang bisa digunakan
|
5’
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
·
membaca contoh teksdua paragraf
aksara Jawa yang mengitegrasikan sandhangan
mandaswara
·
mencermati uraian yang berkaitan kaidah
penulisan aksara Jawa
Menanya
·
mempertanyakan kaidah penulisan aksara
Jawayang belum dipahami
|
75’
|
Penutup
|
1.
Siswa
mengumpulkan tugas materi yang telah dipelajari
2.
Siswa
merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan /
rangkuman / kesimpulan
3.
Siswa
mendengarkan arahan guru tentangrencana
pembelajaran guru pada pertemuan yang akan datang
|
10’
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Orientasi
/Pembukaan
-
Guru
membuka pembelajaran dengan berdoa, salam, dan menanyakan siswa yang tidak
hadir
2. Apersepsi
-
Guru
melakukan apersepsi untuk mengaitkan materi yang telah dikuasai siswa dan
yang akan dipelajari
-
Siswa
menerima informasi tentang materi aksara Jawa (sandhangan mandaswara)
3. Motivasi
-
Guru
memotivasi siswa
-
Siswa
menerima informasi kompetensi, tujuan, dan manfaat mempelajari aksara Jawa
(sandhangan mandaswara)
4. Pemberian
acuan
-
Siswa
menerima informasi sumber belajar yang bisa digunakan
|
5’
|
Kegiatan Inti
|
Mengumpulkan informasi
·
menemukan pokok-pokok isi yang terkandung di dalam dua paragraf aksara Jawa yang mengintegrasikan sandhangan mandaswara
·
menulis teks dua paragraf aksara Jawa yang mengintegrasikan sandhangan mandaswara dari wacana berhuruf Latin
|
75’
|
Penutup
|
1.
Siswa
mengumpulkan tugas materi yang telah dipelajari
2.
Siswa
merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan /
rangkuman / kesimpulan
3.
Siswa
mendengarkan arahan guru tentangrencana
pembelajaran guru pada pertemuan yang akan datang
|
10’
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Orientasi
/Pembukaan
-
Guru
membuka pembelajaran dengan berdoa, salam, dan menanyakan siswa yang tidak
hadir
2. Apersepsi
-
Guru melakukan
apersepsi untuk mengaitkan materi yang telah dikuasai siswa dan yang akan
dipelajari
-
Siswa
menerima informasi tentang materi aksara Jawa (sandhangan mandaswara)
3. Motivasi
-
Guru
memotivasi siswa
-
Siswa
menerima informasi kompetensi, tujuan, dan manfaat mempelajari aksara Jawa
(sandhangan mandaswara)
4. Pemberian
acuan
-
Siswa
menerima informasi sumber belajar yang bisa digunakan
|
5’
|
Kegiatan Inti
|
Mengasosiasi
·
menyunting kesalahan aksara
Jawa tulisan teman
· berdiskusi kaidah penulisan aksara Jawayang mengintegrasikan sandhangan
mandaswara
|
75’
|
Penutup
|
1.
Siswa
mengumpulkan tugas materi yang telah dipelajari
2.
Siswa
merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan /
rangkuman / kesimpulan
3.
Siswa
mendengarkan arahan guru tentangrencana
pembelajaran guru pada pertemuan yang akan datang
|
10’
|
Pertemuan 4
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Orientasi
/Pembukaan
-
Guru
membuka pembelajaran dengan berdoa, salam, dan menanyakan siswa yang tidak
hadir
2. Apersepsi
-
Guru melakukan
apersepsi untuk mengaitkan materi yang telah dikuasai siswa dan yang akan
dipelajari
-
Siswa
menerima informasi tentang materi aksara Jawa (sandhangan mandaswara)
3. Motivasi
-
Guru
memotivasi siswa
-
Siswa
menerima informasi kompetensi, tujuan, dan manfaat mempelajari aksara Jawa
(sandhangan mandaswara)
4. Pemberian
acuan
-
Siswa
menerima informasi sumber belajar yang bisa digunakan
|
5’
|
Kegiatan Inti
|
Mengomunikasikan
·
menyajikan secara lisan atau tulisan dua
paragraf aksara Jawa yang
mengintegrasikan sandhangan mandaswara
yang ditulis
|
75’
|
Penutup
|
1.
Siswa
mengumpulkan tugas materi yang telah dipelajari
2.
Siswa
merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan /
rangkuman / kesimpulan
3.
Siswa
mendengarkan arahan guru tentangrencana
pembelajaran guru pada pertemuan yang akan datang
|
10’
|
I. Penilaian
1.
Peniaian
Sikap
a.
|
Teknik
penilaian
|
: Observasi :sikap religiius
dan sikap sosial
|
b.
|
Bentuk penilaian
|
:Lembar
pengamatan
|
c.
|
Instrumen penilaian
|
: Jurnal (terlampir)
|
2.
Peniaian
Pengetahuan
a. Jenis/Teknik tes :
Tertulisdan lisan
b. Bentuk
tes
:
Uraian
c. Instrumen Penialaian : Terlampir
3. Keterampilan
a. Teknik/Bentuk Penilaian
: Praktik/ Performence
b. Instrumen
Penilaian
(terlampir)
Mengetahui
……………………. 2018
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran,
…………………….. ……………………………….
Lampiran
:
1. Materi
Pembelajaran





2. Lampiran InstrumenPenilaian
A.
Penilaian Sikap
InstrumenPenilaian Sikap
Sekolah
|
: SMK
|
|
Tahun pelajaran
|
: 2018/2019
|
|
Kelas/Semester
|
: X/ Gasal
|
|
Mata Pelajaran
|
: BahasaJawa
|
|
Materi Pokok
|
: Menelaah teks
aksara Jawa
|
(2) dua
paragraf dengan
|
sandhangan Mandaswara
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Pos/
Neg
|
TindakLanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
B.
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Kisi-kisi:
KD
|
IPK
|
Materi
Pokok
|
Stimulus
|
Indikator Soal
|
No
Soal
|
3.5 Menelaah
teks aksara
Jawa
dua (2) paragraf
dengan sandhangan Mandaswara.
|
1.Merinci ragam
sandhangan
Mandaswara.
|
Ragam
sandhangan
Mandaswara
|
Aksara
Jawa
|
Disajikan
kutipan
teksaksaraJawadua
(2)paragraf sehingga peserta didik dapat
merinci ragam sandhangan
Mandaaswara.
|
1
|
2.Memahamikaidah
penggunaan
sandhangan Mandaswara.
|
Kaidah
sandhangan
Mandaswara
|
Aksara
Jawa
|
Disajikanteksaksara
Jawadua(2)paragraf sehingga
peserta didik dapat memahami kaidah
penggunaan sandhangan
Mandaswara.
|
2-3
|
TESTERTULIS
Pitakon:
1.
Peranganesandhangan Mandaswara kuwi
apa wae?
2.
Apa bedanepanganggonesandhangan Mandaswara “cakra”lan
“cakra keret”?
3.
Ingaksara Jawa ora ana pasangan “ya”, kepriye karepe?
4.
Apa wacaneukarapungkasan
ing paragrafsiji?
5.
Apa wos-eteks rong(2)paragrafing
dhuwur mau?
Kunci Jawaban;
1
|
PeranganesandhanganMandaswarayaikucecak(ng),layar(r),wignyan(h),cakra(-
ra-),
cakrakeret(-re-),
lan pengkal(-ya-).
|
2
|
Cakradigunakakekanggonulisfonem“ra”sajroningwanda(tuladha”krasa” k]s )denecakra keret
digunakakekanggo
nulisfonem“re”sajroningwanda (tuladha
“kresek” k}sek\))
|
3
|
AksaraJawanalikanulisfonem“y”ingjeronewandamigunakakesandhangan
“pengkal”dudu pasangan “ya.”(Tuladha “kadya” kf\ )
|
4
|
Kabeh pingin
gayuh kabagyan.
|
5
|
IsinenyaritakakebotrepotingmasarakatnalikangadhepiLebaran.Kebutuhaneakeh,
sawetara reregan
barang umumelarang.
|
PEDOMANPENSKORAN
Soal
|
AspekyangDinilai
|
Skor
|
1
|
Pesertadidik
mampu merinci ragamsandhanganMandaswaradengan
sangat tepat
|
4
|
Pesertadidik
mampu merinci ragamsandhanganMandaswaradengan
tepat
|
3
|
|
PesertadidikmampumerinciragamsandhanganMandaswaradengankurangtepat
|
2
|
|
Pesertadidik
mampu merinci ragamsandhanganMandaswaradengan
tidak tepat
|
1
|
|
Soal
|
AspekyangDinilai
|
Skor
|
2
|
Pesertadidikmampumembedakan penggunaansandhangancakradancakrakeret
dengan
sangat tepat
|
4
|
Pesertadidikmampumembedakan penggunaansandhangancakradancakrakeret
dengan
tepat
|
3
|
|
Pesertadidikmampumembedakan penggunaansandhangancakradancakrakeret
dengan
kurangtepat
|
2
|
|
Pesertadidikmampumembedakan penggunaansandhangancakradancakrakeret
dengan
tidak tepat.
|
1
|
|
Soal
|
AspekyangDinilai
|
Skor
|
3
|
Pesertadidikmampumemahamikaidahpenggunaan“sandhanganpengkal”dengan
sangat
tepat
|
4
|
Pesertadidikmampumemahamikaidahpenggunaan“sandhanganpengkal”dengan
tepat
|
3
|
|
Pesertadidikmampumemahamikaidahpenggunaan“sandhanganpengkal”dengan
kurangtepat
|
2
|
|
Pesertadidikmampumemahamikaidahpenggunaan“sandhanganpengkal”dengan
tidak
tepat.
|
1
|
|
Soal
|
AspekyangDinilai
|
Skor
|
4
|
Pesertadidik
mampu membacateks dengansangat tepat
|
4
|
Pesertadidik
mampu membacateks dengantepat
|
3
|
|
Pesertadidik
mampu membacateks dengankurangtepat
|
2
|
|
Pesertadidik
mampu membacateks dengan
tidaktepat.
|
1
|
|
Soal
|
AspekyangDinilai
|
Skor
|
5
|
Pesertadidik
mampu menganalisisisiteks dengansangat tepat
|
4
|
Pesertadidik
mampu menganalisisisiteksdengantepat
|
3
|
|
Pesertadidik
mampu menganalisisisiteks dengankurangtepat
|
2
|
|
Pesertadidik
mampu menganalisisisiteks dengantidak tepat.
|
1
|
PENUGASAN
Tugas
mandiri:
1.Wacanen teksaksara
Jawa iki!
2.Tulisen wacan
mau nganggo basa latin!
No
|
AspekyangDinilai
|
Bobot
|
1.
|
Isi
|
15%
|
2.
|
Bahasa
|
30%
|
3.
|
Presentasi
karya
|
30%
|
4.
|
Hasilkarya
|
25%
|
F.InstrumenPenilaianKeterampilan
Kisi-kisi:
KD
|
IPK
|
Materi
Pokok
|
IndikatorSoal
|
No
Soal
|
4.5 Menulis
teks
aksara
Jawa dua(2) paragraf
dengan sandhangan Mandaswara.
|
1.Memahami kaidah
penulisanteksaksara Jawa dengan sandhangan Mandaswara.
|
Kaidah
penulisan teks aksara Jawa
|
Pesertadidik
dapat
memahamikaidah penulisan
teksaksara
Jawa dua(2)paragraf dengansandhangan
Mandaswara..
|
1
|
2.Menulis
teks
aksara Jawadua(2)
paragraf dengan
sandhangan Mandaswara.
|
Menulis
teks
aksara Jawa
|
Pesertadidik dapat
menulis teksaksara Jawa
dua(2)paragraf dengansandhangan Mandaswara.
|
2
|
Soal
1. Gawea tuladha tembung kang
nganggo sandhangan cecag, wignyan,
layar, cakra, cakra
keret,
lan pengkal.
2.Gawea teks rong(2)paragraf(tema
bebas)banjur
tulisen nganggo aksara
kang becik kanthianggatekakesandhangan
Mandaswara!
PEDOMANPENSKORAN
No
|
Aspekyangdinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta
didik mampu memahami
kaidah penulisan sandhangan
Mandaswaradengan sangat
tepat
|
4
|
Peserta
didik mampu memahami
kaidah penulisan sandhangan
Mandaswaradengan tepat
|
3
|
|
Peserta
didik mampu memahami
kaidah penulisan sandhangan
Mandaswaradengankurangtepat
|
2
|
|
Peserta
didik mampu memahami
kaidah penulisan sandhangan
Mandaswaradengantidaktepat
|
1
|
|
No
|
Aspekyangdinilai
|
Skor
|
2
|
PesertadidikmampumenulisteksaksaraJawadua(2)paragrafdengansandhanganMandaswarasangat sesuaidengan kaidah
|
4
|
PesertadidikmampumenulisteksaksaraJawadua(2)paragrafdengansandhanganMandaswarasesuaidengan
kaidah
|
3
|
|
PesertadidikmampumenulisteksaksaraJawadua(2)paragrafdengansandhanganMandaswarakurangsesuaidengan
kaidah
|
2
|
|
PesertadidikmampumenulisteksaksaraJawadua(2)paragrafdengansandhanganMandaswaratidaksesuai dengan kaidah.
|
1
|
0 komentar:
Posting Komentar