RPP Bahasa Jawa SMA/SMK Kelas XI Kurikulum 13 AKSARA MURDA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK/
SMA
Kelas/Semester : XI
/ Gasal
Tema :
Maca lan Nulis Wacana Aksara Jawa
Subtema :
Kawruh Aksara Jawa
Materi Pokok : Aksara Murda
AlokasiWaktu :
4 pertemuan x 2 jam pelajaran
A. Kompetensi Inti
KI 3.
|
Memahami, menerapkan, menganalisis, pengetahuan
factual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humanioradengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan dan peradapan terkait
fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI 4.
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar
3.5 Mengidentifikasi
kaidah penulisan aksara Jawa dalam 4
(empat) paragraf yang menggunakan aksara Murda.
4.5 Menulis
empat paragraf berhuruf Jawa yang menggunakan aksara Murda.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.1
Membuat pertanyaan
tentang struktur/kaidah
penulisan aksara Jawa yang belum dipahami.
3.5.2
Menemukan stuktur/kaidah yang
tekandung didalam empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
4.5.1
Menulis teks satu paragraph
aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
4.5.2
Menyunting kesalahan
aksara Jawa tulisan teman
4.5.3
Menyajikan secara
tulisan empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
v
Karakter siswa yang
diharapkan :
Mandiri, disiplin berani,
tanggung jawab, jujur, komunikatif, tumbuh rasa ingin tahudan kreatif.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui diskusi kelompok
siswa dapat membuat pertanyaan tentang kaidah penulisan aksara Jawa yang belum
dipahami dengan santun dan tepat.
2.
Melalui diskusi kelompok
siswa dapat menemukan pokok-pokok isi yang tekandung didalam empat paragraph
aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda
dengan tepat.
3.
Melalui unjuk kerja siswa
dapat menulis teks empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda dengan tepat dan tanggung jawab.
4.
Melalui unjuk kerja siswa
dapat menyunting kesalahan aksara Jawa tulisan teman dengan tepat dan tanggung
jawab.
5.
Melalui unjuk kerja siswa
dapat menyajikan secara tulisan atau lisan empat paragraph aksara Jawa yang
menggunakan aksara Murda dengan tepat
dan tanggung jawab.
E. Materi Pembelajaran
Aksara
murda cacahe ana pitu, yaiku:
na
@, (ka
) @,(
ta ) #,(sa ) $, ( pa ) %, ( ga ) &, ( ba ) *
Aksara
murda lumrahe ditulis kanggo asmane para luhur, jejuluk lan padunungane, jeneng
wong lan jenenge titah kang tata-caraning uripe kaya manungsa. Cukup nganggo
aksara murda siji wae, aksara sing ngarep dhewe. Yen aksara sing ngarep dhewe
ora ana murdane, ya aksara burine, yen burine ora ana murdane, ya burine maneh.
F.
Model dan Metode
Pembelajaran
Model Pembalajaran : Pembelajaran Teks
Metode : Diskusi dan
Unjuk Kerja
G. Alat, Bahan, Media, dan Sumber Belajar
Alat : Spidol, kabel LCD proyektor
Bahan : Wacana Aksara Jawa
Media Pembelajaran : LCD projector, Laptop
Sumber Belajar : Contoh
Aksara
Jawa,
Buku Siswa “Prigel Basa Jawa” kelas XI, Buku Siswa “Trampil
Basa” kelas XI, internat
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
I (2 JP)
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
1) Guru
mempimpin doa, memberikan salam dan menjelaskan hubungan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya
2) Guru
informasi tentang tema pembelajaran, tujuan, dan keterkaitannya dengan
pembelajaran sebelumnya.
3) Guru
memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
15 Menit
|
2.
|
Inti
|
·
Peserta didikmembaca contoh kata dalam bentuk nama tempat yang
menggunakan aksara Murda.
·
Peserta didikmembaca contoh dua kalimat aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan
kaidah penulisan aksara Jawa (wujud dan fungsi aksaraMurda)
|
55 Menit
|
3.
|
Penutup
|
Rangkuman,
refleksi, tes dan tindak lanjut
1)
Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu dan melaksanakan
evaluasi.
2)
Guru membantu siswa
untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan
tidak terjadi kesalah pahaman terhadap materi.
3)
Siswamendengarkan umpan balik dan penguatan
dari guru.
4)
Siswadibawah bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran.
5)
Guru melaksanakan
penilaian pengetahuan melalui tes tertulis dengan waktu maksimal 20 menit,
dan seluruh peserta didik mengerjakan tes tertulis.
6)
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
7)
Guru mengakhiri
kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
20 Menit
|
Pertemuan
II (2 JP)
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
1) Guru
mempimpin doa, memberikan salam dan menjelaskan hubungan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya
2) Guru
informasi tentang tema pembelajaran, tujuan, dan keterkaitannya dengan
pembelajaran sebelumnya.
3) Guru
memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
15 Menit
|
2.
|
Inti
|
·
Peserta didik secara berkelompok menulis satu paragraph aksara Jawa
yang menggunakan aksara Murda.
·
Peserta didik secara berkelompok menyunting
kesalahan penulisan satu paragraf Jawa yang menggunakan aksara Murda.
|
55 Menit
|
3.
|
Penutup
|
Rangkuman,
refleksi, tes dan tindak lanjut
1)
Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu dan melaksanakan
evaluasi.
2)
Guru membantu siswa
untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan
tidak terjadi kesalah pahaman terhadap materi.
3)
Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan
dari guru.
4)
Siswa dibawah bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran.
5)
Guru melaksanakan
penilaian pengetahuan melalui tes tertulis dengan waktu maksimal 20 menit,
dan seluruh peserta didik mengerjakan tes tertulis.
6)
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
7)
Guru mengakhiri
kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
20 Menit
|
Pertemuan
III (2 JP)
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
1) Guru
mempimpin doa, memberikan salam dan menjelaskan hubungan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya
2) Guru
informasi tentang tema pembelajaran, tujuan, dan keterkaitannya dengan
pembelajaran sebelumnya.
3) Guru
memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
15 Menit
|
2.
|
Inti
|
·
Peserta didiksecara berkelompok menyajikan secara tulisan empat paragraf aksara
Jawa yang mengunakan aksara Murda
|
55 Menit
|
3.
|
Penutup
|
Rangkuman,
refleksi, tes dan tindak lanjut
1)
Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu dan melaksanakan
evaluasi.
2)
Guru membantu siswa
untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan
tidak terjadi kesalah pahaman terhadap materi.
3)
Siswamendengarkan umpan balik dan penguatan
dari guru.
4)
Siswadibawah bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran.
5)
Guru melaksanakan
penilaian pengetahuan melalui tes tertulis dengan waktu maksimal 20 menit,
dan seluruh peserta didik mengerjakan tes tertulis.
6)
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
7)
Guru mengakhiri
kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
20 Menit
|
Pertemuan IV (2 JP)
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
1) Guru
mempimpin doa, memberikan salam dan menjelaskan hubungan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya
2) Guru
informasi tentang tema pembelajaran, tujuan, dan keterkaitannya dengan
pembelajaran sebelumnya.
3) Guru
memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
15 Menit
|
2.
|
Inti
|
Peserta Didik secara mandiri menyajikan
secara tulisan empat paragraf aksara Jawa yang mengunakan aksara Murda
|
55 Menit
|
3.
|
Penutup
|
Rangkuman,
refleksi, tes dan tindak lanjut
1)
Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu dan melaksanakan
evaluasi.
2)
Guru membantu siswa
untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan
tidak terjadi kesalah pahaman terhadap materi.
3)
Siswamendengarkan umpan balik dan penguatan
dari guru.
4)
Siswadibawah bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran.
5)
Guru melaksanakan
penilaian pengetahuan melalui tes tertulis dengan waktu maksimal 20 menit,
dan seluruh peserta didik mengerjakan tes tertulis.
6)
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
7)
Guru mengakhiri
kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
20 Menit
|
I.
Penilaian, Pembelajaran
Remidial dan Pengayaan
a.
Penentuan
Teknik dan Bentuk Penilaian
Penentuan Teknik dan Bentuk Penilaian
No.
|
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
1.
|
Pengetahuan
|
||
KD 3.5 Mengidentifikasi kaidah
penulisan aksara JAwa dalam empat paragraph yang menggunakan aksara Murda.
|
Test
tertulis dan auntentik
|
Essay
Observasi
|
|
2.
|
Keterampilan
|
||
KD
4.5 Menulis dan menyajikan empat paragraph beraksara Jawa yang menggunakan
aksara Murda.
|
Unjuk Kerja
|
Daftar
skala 0-100
|
b.
Penilaian
Ranah Pengetahuan
Kisi-Kisi dan Soal Pengetahuan
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Indikator
Soal
|
Jenis
Soal
|
Soal
|
KD 3.5
Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara JAwa dalam empat paragraph yang
menggunakan aksara Murda.
|
3.5.1
Membuat pertanyaan
tentang kaidah penulisan aksara Jawa yang belum dipahami.
3.5.2
Menemukan kaidah yang tekandung
didalam empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
|
1.
Siswa dapat membuat
pertanyaan tentang kaidah penulisan aksara Jawa yang belum dipahami.
2.
Siswa dapat menemukan
pokok-pokok isi yang tekandung didalam empat paragraph aksara Jawa yang
menggunakan aksara Murda.
|
Essay
obserrvasi
|
1.
Sebutna
fungsi lan wujude aksara Murda!
2.
Golekana aksara Mjrda
ana ing wacan ngisor iki salinen dadi aksara latin! (lampiran 1)
|
Kunci
Jawaban
Aksara
murda cacahe ana pitu, yaiku: na
@, (ka
) @,(
ta ) #,(sa ) $, ( pa ) %, ( ga ) &,
(
ba ) *
1.
Aksara
murda lumrahe ditulis kanggo asmane para luhur, jejuluk lan padunungane,
jeneng wong lan jenenge titah kang tata-caraning uripe kaya manungsa. Cukup
nganggo aksara murda siji wae, aksara sing ngarep dhewe. Yen aksara sing
ngarep dhewe ora ana murdane, ya aksara burine, yen burine ora ana murdane,
ya burine maneh.
2. terlampir
|
Rublik Penilaian Pengetahuan Aksara Murda
No.
|
Nama
Siswa/Kelompok
|
Skor setiap
nomor soal
|
Nilai
|
|
No.
1
|
No.
2
|
|||
1.
|
||||
2.
|
Indikator
Penilaian Pengetahuan
1.
Fungsi dan wujud
aksara Murda
a.
Siswa dapat
menjelaskan 6 wujud dan fungsi askara Murda
dengan sempurna skor 100
b.
Siswa dapat
menjelaskan 4 wujud dan fungsi askara Murda
dengan sempurna skor 75
c.
Siswa dapat
menjelaskan 2 wujud dan fungsi askara Murda
dengan sempurna skor 50
d.
Siswa dapat menjelaskan
1 wujud dan fungsi askara Murda
dengan sempurna skor 25
2.
Penulisan aksara
Murda
a.
Siswa dapat
menulis 4 kata menggunakan aksara Murda
skor 100
b.
Siswa dapat
menulis 3 kata menggunakan aksara Murda
skor 75
c.
Siswa dapat
menulis 2 kata menggunakan aksara Murda
skor 50
d.
Siswa dapat
menulis 4 kata menggunakan aksara Murda
skor 25
c.
Penilaian
Ranah Keterampilan
KD
4.5 Menulis dan menyajikan empat paragraph beraksara Jawa yang menggunakan
aksara Murda.
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.5.1
Menulis teks empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan
aksara Murda.
4.5.2
Menyunting kesalahan
aksara Jawa tulisan teman
4.5.3
Menyajikan secara
tulisan atau lisan empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
Kisi-Kisi dan Soal Keterampilan
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Indikator
Soal
|
Jenis
Soal
|
Soal
|
Menulis dan
menyajikan empat paragraph beraksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
|
4.5.1
Menulis teks empat
paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
4.5.2
Menyunting kesalahan
aksara Jawa tulisan teman
4.5.3
Menyajikan secara
tulisan atau lisan empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
|
1.
Siswa dapat menulis
teks empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan
aksara Murda.
2.
Siswa dapat menyunting
kesalahan aksara Jawa tulisan teman
3.
Siswa dapat menyajikan
secara tulisan atau lisan empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara
Murda.
|
Essay
Essay
Essay
|
1.
Tulisen
ukara ing ngisro iki nganggo aksara Jawa!
2.
Besuten garapanmu marang kanca sekelas!
3.
Tulisen nganggo
aksara Jawa!
|
Rublik Penilaian
Keterampilan Aksara Murda
Aspek.indikator
|
Test
ke
|
Skor
|
Keterangan
|
Menulis
teks empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
|
1
|
||
2
|
|||
Menyunting
kesalahan aksara Jawa tulisan teman
|
1
|
||
2
|
|||
Menyajikan secara tulisan
atau lisan empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
|
1
|
||
2
|
|||
Nilai
KD 4.5
|
Indikator
Penilaian Keterampilan
1.
Menulis teks empat paragraph
aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
a.
Kesesuain aksara dengan bacaan skor 75
b.
Kerapian menulis skor 25
2.
Menyunting kesalahan
aksara Jawa tulisan teman
a.
Kesesuian tulisan dengan isi
teks skor 75
b.
Menggunakan bahasa yang sopan skor 25
3.
Menyajikan secara tulisan
atau lisan empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
a.
Kesesuian tulisan dengan isi
teks skor 75
b.
Menggunakan bahasa yang sopan skor 25
d.
Program Remidial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan
segera setelah kegiatan penilaian.
a.
Program
Remidial/Perbaikan
Hari,
tanggal
|
Kompetensi
Dasar
|
Nama
Siswa
|
Daya
Serap
|
Tugas/Materi
yang diberikan
|
|
SBL
|
SSD
|
||||
KD
3.5 Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara JAwa
dalam empat paragraph yang menggunakan aksara Murda.
|
1. Diberikan kembali soal yangbelumtuntas
2. Diberikan motivasi
3. Memberikan tugas.
|
||||
KD 4.5
Menulis dan menyajikan empat paragraph beraksara Jawa yang menggunakan aksara
Murda.
|
Materi Remidial
Aksara
murda cacaheana pitu, yaiku:
na @, (ka ) @,( ta ) #,(sa ) $, ( pa ) %, ( ga ) &, ( ba ) *
Aksara
murda lumrahe ditulis kanggo asmane para luhur, jejuluk lan padunungane, jeneng
wong lan jenenge titah kang tata-caraning uripe kaya manungsa. Cukup nganggo
aksara murda siji wae, aksara sing ngarep dhewe. Yen aksara sing ngarep dhewe
ora ana murdane, ya aksara burine, yen burine ora ana murdane, ya burine maneh.
AksaraLatin
|
Wujud
Aksara Murda
|
Aksara Murda Pasangan
|
Tuladhane
|
na
|
@
|
........
®
|
Nabi
Nuh
!bi!uh
|
ka
|
@
|
........
¯¯
|
Kabupaten
Kudus
@bup[tnÑ|fus\
|
ta
|
#
|
........
°°
|
Tawangmangu
#w=mzu
|
sa
|
$
|
........
±
|
Sultan
$ulTn\
|
pa
|
%
|
........
²
|
Pangeran
Puger
%[zrn²uge/
|
ga
|
&
|
........
´
|
Gusti
Gandakusuma
&usTi&nFkusum
|
ba
|
*
|
........
µ
|
Bupati
Banyumas
*upti*vums\
|
Soal Remedial
1.
Ukårå ing ngisor iki salinên ing aksårå Latin!
?$utmautwsi-wi[sKonD=asM*u=#maikumi[yosHi=$u
rby,;3;O[kTobe/;1920;[d[w[kKwiwitCilikTek nFiwsm=[gonHi=$urby.ffi*u=#mkuwia[rk°|rbyasLi.ff-nHsLi[w=o$urby,nzi=jen_[konD=[zkuwi*u=#
m,fufuck±m.
2.
Tulisên nganggo
aksårå Jåwå!
Kanjeng
Gusti Pangeran Adhipati Arya Mangkunegara IV
Wiwit
isih bocah, Raden Mas Sudira wis dikena pinter. Ing Babad Mangkunegara IV
diceritakake Manawa nalika miyos, R.M Sudira dipundhut simbahe, K.G.P.A.A
Mangkunegara II lan didadekake putra angkate. Pendhidhikan diwenehake sarana
privat, R.M. Sudira, uga oleh tuntunan saka wong-wong Walanda kang ditunjuk
dening K.G.P.A.A Mangkunegara II. Saliyane kanggo nuntun Pangeran Riya kang
dicepakake minangka K.P. Prangwadana III, uga ditugasi ndhidhik R.M. Sudira
utamane jroning bab ajar basa Walanda, tulisan Latin, lan kawruh liyane.
b.
Pengayaan
Siswa yang tidak terkena program remedial /perbaikan diberikan program pengayaan sebagai berikut.
1. Diberikan pengembangan materi.
2. Diberikan soal latihan tembahan
untuk memantapkan materi.
Materi pengayaan :
Anggoné
nulis aksårå Jåwå såkå kiwå manêngên, papané ånå ing sangisoré garis manåwå
kêrtasé ånå garisé. AksåråJåwå asipat silabik,
têgêsé sabên saaksårå nggambaraké sawandå. Bédå karo aksårå Latin kang fonemis, têgêsé sabên saaksårå
nggambaraké siji inti bunyi. Aksårå Jåwå
ugå asipat konsonantal, têgêsé sabên
saaksårå kang dipasangi utåwå dipangku nggambaraké siji konsonan utåwå aksårå kang ora madêg dhéwé, tanpå aksårå swårå. Panulisé
aksårå Jåwå iku ora milah-milahaké antarané têmbung siji lan liyané. Kang kåyå
mangkéné iki diarani skriptio-continuo
(||||||||). Bédåkaro aksårå Latin kang milah-milah sabên têmbungé (||||||
||||||).
Mengetahui
……………………. 2018
Kepala Sekolah
Guru
Mata Pelajaran,
…………………….. ……………………………….
LAMPIRAN
1
Wacana
Aksara Murda
?$utmautwsi-wi[sKonD=asM*u=#maikumi[yosHi=$u
rby,;3;O[kTobe/;1920;[d[w[kKwiwitCilikTek nFiwsm=[gonHi=$urby.ffi*u=#mkuwia[rk°|rbyasLi.ff-nHsLi[w=o$urby,nzi=jen_[konD=[zkuwi*u=#
m,fufuck±m.
LAMPIRAN II
BANK
SOAL
URAIAN
A. Ukara
ing ngisor iki tulisen nganggo Aksara Jawa!
1.
Sunan Kalijaga iku uga sinebut walisanga
2.
Sri Sultan iku raja ing jogjakarta
3.
Kyai Jepri iku uwis seda
4.
Rangga warsita iku penganggit buku kuna
B. Ukara
ing ngisor iki kepriye wacane!
1.
$urby aiku [kot jw timu/
3.
gunu= &lu=gu= mpnHi= jw brt\
4.
@ puasHikujene= kli ai= @ limnTn\
0 komentar:
Posting Komentar