Blog ini wujud kecintaan saya terhadap budaya Jawa, berisi tentang seputaran Bahasa Jawa dan sejenisnya. Ini hanya sebatas melestarikan supaya Bahasa Jawa tetap eksis meski diterjang kemajuan zaman yang semakin maju.

Kamis, 22 November 2018

RPP Bahasa Jawa SMA/SMK Kelas XI Kurikulum 13 AKSARA MURDA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan              : SMK/ SMA
Kelas/Semester                  : XI / Gasal
Tema                                : Maca lan Nulis Wacana Aksara Jawa
Subtema                           : Kawruh Aksara Jawa
Materi Pokok                    : Aksara Murda
AlokasiWaktu                   : 4 pertemuan x 2 jam pelajaran

A.  Kompetensi Inti


KI 3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, pengetahuan factual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humanioradengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradapan terkait  fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi Dasar
3.5    Mengidentifikasi kaidah  penulisan aksara Jawa dalam 4 (empat) paragraf yang menggunakan aksara Murda.
4.5  Menulis empat paragraf berhuruf Jawa yang menggunakan aksara Murda.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.1        Membuat pertanyaan tentang struktur/kaidah penulisan aksara Jawa yang belum dipahami.
3.5.2        Menemukan stuktur/kaidah yang tekandung didalam empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
4.5.1        Menulis teks satu paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
4.5.2        Menyunting kesalahan aksara Jawa tulisan teman
4.5.3        Menyajikan secara tulisan empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
                      
v  Karakter siswa yang diharapkan :
        Mandiri, disiplin berani, tanggung jawab, jujur, komunikatif, tumbuh rasa ingin tahudan  kreatif.

D.  Tujuan Pembelajaran
1.        Melalui diskusi kelompok siswa dapat membuat pertanyaan tentang kaidah penulisan aksara Jawa yang belum dipahami dengan santun dan tepat.
2.        Melalui diskusi kelompok siswa dapat menemukan pokok-pokok isi yang tekandung didalam empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda dengan tepat.
3.        Melalui unjuk kerja siswa dapat menulis teks empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda dengan tepat dan tanggung jawab.
4.        Melalui unjuk kerja siswa dapat menyunting kesalahan aksara Jawa tulisan teman dengan tepat dan tanggung jawab.
5.        Melalui unjuk kerja siswa dapat menyajikan secara tulisan atau lisan empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda dengan tepat dan tanggung jawab.

  
E.  Materi Pembelajaran

Aksara murda cacahe ana pitu, yaiku: 
na @, (ka ) @,( ta )  #,(sa ) $, ( pa ) %, ( ga ) &, ( ba ) *
Aksara murda lumrahe ditulis kanggo asmane para luhur, jejuluk lan padunungane, jeneng wong lan jenenge titah kang tata-caraning uripe kaya manungsa. Cukup nganggo aksara murda siji wae, aksara sing ngarep dhewe. Yen aksara sing ngarep dhewe ora ana murdane, ya aksara burine, yen burine ora ana murdane, ya burine maneh.

F.   Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembalajaran           : Pembelajaran Teks
Metode                               : Diskusi dan Unjuk Kerja

G. Alat, Bahan, Media, dan Sumber Belajar
Alat : Spidol, kabel LCD proyektor
Bahan : Wacana Aksara Jawa
Media Pembelajaran : LCD projector, Laptop
Sumber Belajar : Contoh Aksara Jawa, Buku Siswa “Prigel Basa Jawa” kelas XI, Buku Siswa “Trampil Basa” kelas XI, internat

H.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I (2 JP)
No.
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1)      Guru mempimpin doa,  memberikan  salam dan menjelaskan hubungan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)      Guru informasi tentang tema pembelajaran, tujuan, dan keterkaitannya dengan pembelajaran sebelumnya.
3)      Guru memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
15 Menit
2.
Inti

·         Peserta didikmembaca contoh kata dalam bentuk nama tempat yang menggunakan aksara Murda.
·         Peserta didikmembaca contoh dua kalimat aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
·         Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan kaidah penulisan aksara Jawa (wujud dan fungsi aksaraMurda)
55 Menit
3.
Penutup
Rangkuman, refleksi, tes dan tindak lanjut
1)        Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu dan melaksanakan evaluasi.
2)        Guru membantu siswa untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalah pahaman terhadap materi.
3)        Siswamendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru.
4)         Siswadibawah bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran.
5)         Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis dengan waktu maksimal 20 menit, dan seluruh peserta didik mengerjakan tes tertulis.
6)         Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
7)         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
20 Menit

Pertemuan II (2 JP)
No.
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1)      Guru mempimpin doa,  memberikan  salam dan menjelaskan hubungan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)      Guru informasi tentang tema pembelajaran, tujuan, dan keterkaitannya dengan pembelajaran sebelumnya.
3)      Guru memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
15 Menit
2.
Inti

·         Peserta didik secara berkelompok menulis satu paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
·         Peserta didik secara berkelompok menyunting kesalahan penulisan satu paragraf Jawa yang menggunakan aksara Murda.
55 Menit
3.
Penutup
Rangkuman, refleksi, tes dan tindak lanjut
1)         Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu dan melaksanakan evaluasi.
2)        Guru membantu siswa untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalah pahaman terhadap materi.
3)        Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru.
4)         Siswa dibawah bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran.
5)         Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis dengan waktu maksimal 20 menit, dan seluruh peserta didik mengerjakan tes tertulis.
6)         Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
7)         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
20 Menit


Pertemuan III (2 JP)
No.
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1)      Guru mempimpin doa,  memberikan  salam dan menjelaskan hubungan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)      Guru informasi tentang tema pembelajaran, tujuan, dan keterkaitannya dengan pembelajaran sebelumnya.
3)      Guru memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
15 Menit
2.
Inti

·         Peserta didiksecara berkelompok menyajikan secara tulisan empat paragraf aksara Jawa yang mengunakan aksara Murda

55 Menit
3.
Penutup
Rangkuman, refleksi, tes dan tindak lanjut
1)         Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu dan melaksanakan evaluasi.
2)        Guru membantu siswa untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalah pahaman terhadap materi.
3)        Siswamendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru.
4)         Siswadibawah bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran.
5)         Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis dengan waktu maksimal 20 menit, dan seluruh peserta didik mengerjakan tes tertulis.
6)         Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
7)         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
20 Menit

Pertemuan IV (2 JP)
No.
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1)      Guru mempimpin doa,  memberikan  salam dan menjelaskan hubungan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)      Guru informasi tentang tema pembelajaran, tujuan, dan keterkaitannya dengan pembelajaran sebelumnya.
3)      Guru memberikan informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
15 Menit
2.
Inti

Peserta Didik secara mandiri menyajikan secara tulisan empat paragraf aksara Jawa yang mengunakan aksara Murda

55 Menit
3.
Penutup
Rangkuman, refleksi, tes dan tindak lanjut
1)         Siswa menanyakan hal-hal yang masih ragu dan melaksanakan evaluasi.
2)        Guru membantu siswa untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalah pahaman terhadap materi.
3)        Siswamendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru.
4)         Siswadibawah bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran.
5)         Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes tertulis dengan waktu maksimal 20 menit, dan seluruh peserta didik mengerjakan tes tertulis.
6)         Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
7)         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
20 Menit

I.     Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
a.    Penentuan Teknik dan Bentuk Penilaian

Penentuan Teknik dan Bentuk Penilaian
No.
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
1.      
Pengetahuan


KD 3.5 Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara JAwa dalam empat paragraph yang menggunakan aksara Murda.
Test tertulis dan auntentik
Essay
Observasi
2.      
Keterampilan


KD 4.5 Menulis dan menyajikan empat paragraph beraksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.

Unjuk Kerja

Daftar skala 0-100

b.   Penilaian Ranah Pengetahuan
Kisi-Kisi dan Soal Pengetahuan
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis
Soal
Soal
KD 3.5 Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara JAwa dalam empat paragraph yang menggunakan aksara Murda.
3.5.1   Membuat pertanyaan tentang kaidah penulisan aksara Jawa yang belum dipahami.
3.5.2   Menemukan kaidah yang tekandung didalam empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
1.      Siswa dapat membuat pertanyaan tentang kaidah penulisan aksara Jawa yang belum dipahami.
2.      Siswa dapat menemukan pokok-pokok isi yang tekandung didalam empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
Essay






obserrvasi


1.      Sebutna fungsi lan wujude aksara Murda!


2.      Golekana aksara Mjrda ana ing wacan ngisor iki salinen dadi aksara latin! (lampiran 1)



Kunci Jawaban
Aksara murda cacahe ana pitu, yaiku: na @, (ka ) @,( ta )  #,(sa ) $, ( pa ) %, ( ga ) &, ( ba ) *
1.       
Aksara murda lumrahe ditulis kanggo asmane para luhur, jejuluk lan padunungane, jeneng wong lan jenenge titah kang tata-caraning uripe kaya manungsa. Cukup nganggo aksara murda siji wae, aksara sing ngarep dhewe. Yen aksara sing ngarep dhewe ora ana murdane, ya aksara burine, yen burine ora ana murdane, ya burine maneh.
2.      terlampir

Rublik Penilaian Pengetahuan Aksara Murda
No.
Nama Siswa/Kelompok
Skor setiap nomor soal
Nilai
No. 1
No. 2

1.




2.






Indikator Penilaian Pengetahuan
1.      Fungsi dan wujud aksara Murda
a.       Siswa dapat menjelaskan 6 wujud dan fungsi askara Murda dengan sempurna skor 100
b.      Siswa dapat menjelaskan 4 wujud dan fungsi askara Murda dengan sempurna skor 75
c.       Siswa dapat menjelaskan 2 wujud dan fungsi askara Murda dengan sempurna skor 50
d.      Siswa dapat menjelaskan 1 wujud dan fungsi askara Murda dengan sempurna skor 25
2.      Penulisan aksara Murda
a.       Siswa dapat menulis 4 kata menggunakan aksara Murda skor 100
b.      Siswa dapat menulis 3 kata menggunakan aksara Murda skor 75
c.       Siswa dapat menulis 2 kata menggunakan aksara Murda skor 50
d.      Siswa dapat menulis 4 kata menggunakan aksara Murda skor 25

c.         Penilaian Ranah Keterampilan 
KD 4.5 Menulis dan menyajikan empat paragraph beraksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.5.1   Menulis teks empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
4.5.2   Menyunting kesalahan aksara Jawa tulisan teman
4.5.3   Menyajikan secara tulisan atau lisan empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.

Kisi-Kisi dan Soal Keterampilan
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis
Soal
Soal
Menulis dan menyajikan empat paragraph beraksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
4.5.1    Menulis teks empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
4.5.2    Menyunting kesalahan aksara Jawa tulisan teman
4.5.3    Menyajikan secara tulisan atau lisan empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
1.      Siswa dapat menulis teks empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
2.      Siswa dapat menyunting kesalahan aksara Jawa tulisan teman
3.      Siswa dapat menyajikan secara tulisan atau lisan empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
Essay







Essay




Essay



1.      Tulisen ukara ing ngisro iki nganggo aksara Jawa!




2.      Besuten garapanmu marang kanca sekelas!

3.      Tulisen nganggo aksara Jawa!

Rublik Penilaian Keterampilan Aksara Murda
Aspek.indikator
Test ke
Skor
Keterangan
Menulis teks empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
1


2


Menyunting kesalahan aksara Jawa tulisan teman
1


2


Menyajikan secara tulisan atau lisan empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
1


2


Nilai KD 4.5




Indikator Penilaian Keterampilan
1.     Menulis teks empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
a.       Kesesuain aksara dengan bacaan skor 75
b.      Kerapian menulis skor 25
2.     Menyunting kesalahan aksara Jawa tulisan teman
a.         Kesesuian tulisan dengan isi teks skor  75
b.         Menggunakan bahasa yang sopan skor  25
3.    Menyajikan secara tulisan atau lisan empat paragraph aksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.
a.         Kesesuian tulisan dengan isi teks skor  75
b.         Menggunakan bahasa yang sopan skor  25

d.        Program Remidial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
a.    Program Remidial/Perbaikan
Hari, tanggal
Kompetensi Dasar
Nama Siswa
Daya Serap
Tugas/Materi yang diberikan
SBL
SSD








KD 3.5 Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara JAwa dalam empat paragraph yang menggunakan aksara Murda.



1.  Diberikan kembali soal  yangbelumtuntas
2.  Diberikan motivasi
3.  Memberikan  tugas.
KD 4.5 Menulis dan menyajikan empat paragraph beraksara Jawa yang menggunakan aksara Murda.








Materi Remidial
Aksara murda cacaheana pitu, yaiku:
 na @, (ka ) @,( ta )  #,(sa ) $, ( pa ) %, ( ga ) &, ( ba ) *
Aksara murda lumrahe ditulis kanggo asmane para luhur, jejuluk lan padunungane, jeneng wong lan jenenge titah kang tata-caraning uripe kaya manungsa. Cukup nganggo aksara murda siji wae, aksara sing ngarep dhewe. Yen aksara sing ngarep dhewe ora ana murdane, ya aksara burine, yen burine ora ana murdane, ya burine maneh.
AksaraLatin
Wujud
Aksara Murda
Aksara Murda Pasangan
Tuladhane
na
@

........
®

Nabi Nuh
!bi!uh

ka
@

........
¯¯

Kabupaten Kudus
@bup[tnÑ|fus\    
ta
#

........
°°

Tawangmangu
#w=mzu

sa
$
........
±

Sultan
$ulTn\

pa
%
........
         ²

Pangeran Puger
%[zrn²uge/

ga
&

........
´

Gusti Gandakusuma
&usTi&nFkusum

ba
*

........
µ

Bupati Banyumas
*upti*vums\


Soal Remedial
1.        Ukårå ing ngisor iki salinên ing aksårå Latin!
?$utmautwsi-wi[sKonD=asM*u=#maikumi[yosHi=$u rby,;3;O[kTobe/;1920;[d[w[kKwiwitCilikTek nFiwsm=[gonHi=$urby.ffi*u=#mkuwia[rk°|rbyasLi.ff-nHsLi[w=o$urby,nzi=jen_[konD=[zkuwi*u=# m,fufuck±m.
2.        Tulisên nganggo aksårå Jåwå!
Kanjeng Gusti Pangeran Adhipati Arya Mangkunegara IV
Wiwit isih bocah, Raden Mas Sudira wis dikena pinter. Ing Babad Mangkunegara IV diceritakake Manawa nalika miyos, R.M Sudira dipundhut simbahe, K.G.P.A.A Mangkunegara II lan didadekake putra angkate. Pendhidhikan diwenehake sarana privat, R.M. Sudira, uga oleh tuntunan saka wong-wong Walanda kang ditunjuk dening K.G.P.A.A Mangkunegara II. Saliyane kanggo nuntun Pangeran Riya kang dicepakake minangka K.P. Prangwadana III, uga ditugasi ndhidhik R.M. Sudira utamane jroning bab ajar basa Walanda, tulisan Latin, lan kawruh liyane.

b.   Pengayaan
Siswa yang tidak terkena program remedial /perbaikan diberikan program pengayaan sebagai berikut.
1.    Diberikan pengembangan materi.
2.    Diberikan soal latihan tembahan untuk memantapkan materi.
Materi pengayaan :
Anggoné nulis aksårå Jåwå såkå kiwå manêngên, papané ånå ing sangisoré garis manåwå kêrtasé ånå garisé. AksåråJåwå asipat silabik, têgêsé sabên saaksårå nggambaraké sawandå. Bédå karo aksårå Latin kang fonemis, têgêsé sabên saaksårå nggambaraké siji inti bunyi. Aksårå Jåwå ugå asipat konsonantal, têgêsé sabên saaksårå kang dipasangi utåwå dipangku nggambaraké siji konsonan utåwå aksårå kang ora madêg dhéwé, tanpå aksårå swårå. Panulisé aksårå Jåwå iku ora milah-milahaké antarané têmbung siji lan liyané. Kang kåyå mangkéné iki diarani skriptio-continuo (||||||||). Bédåkaro aksårå Latin kang milah-milah sabên têmbungé (|||||| ||||||).




Mengetahui                                                                            …………………….  2018
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran,







……………………..                                                             ……………………………….

















LAMPIRAN 1
Wacana Aksara Murda
?$utmautwsi-wi[sKonD=asM*u=#maikumi[yosHi=$u rby,;3;O[kTobe/;1920;[d[w[kKwiwitCilikTek nFiwsm=[gonHi=$urby.ffi*u=#mkuwia[rk°|rbyasLi.ff-nHsLi[w=o$urby,nzi=jen_[konD=[zkuwi*u=# m,fufuck±m.

  

LAMPIRAN II
BANK SOAL

URAIAN
A.   Ukara ing ngisor iki tulisen nganggo Aksara Jawa!
1.      Sunan Kalijaga iku uga sinebut walisanga
2.      Sri  Sultan iku raja ing jogjakarta
3.      Kyai Jepri iku uwis seda
4.      Rangga warsita iku penganggit buku kuna
B.   Ukara ing ngisor iki kepriye wacane!
1.         $urby aiku [kot jw timu/
2. *nDu= aiku [kot jw brt\
3. gunu= &lu=gu= mpnHi= jw brt\
4. @ puasHikujene= kli ai= @ limnTn\  


0 komentar:

Popular Posts

Recent Posts

PILIHAN MENU

Unordered List

Aris Nurwanto. Diberdayakan oleh Blogger.

Buscar

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang pendidik tepatnya mengajar Bahasa Jawa.