Blog ini wujud kecintaan saya terhadap budaya Jawa, berisi tentang seputaran Bahasa Jawa dan sejenisnya. Ini hanya sebatas melestarikan supaya Bahasa Jawa tetap eksis meski diterjang kemajuan zaman yang semakin maju.

Kamis, 22 November 2018

RPP Bahasa Jawa SMA/SMK Kelas XI Kurikulum 13 AKSARA REKAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        :SMK/ SMA
Kelas/Semester            : XI/ Gasal
Tema                          : Aksara Jawa
Subtema                      : Aksara rekan
Materi Pokok              : Aksara Jawa yang menggunakan Aksara Rekan
Alokasi waktu             : 8 x 45 menit

A.      Kompetensi Inti
               
KI 3:Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolahsecara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5    Mengidentifikasikaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
3.5.1 Memahami pokok-pokok isi paragraf aksara Jawa yang menggunakan  aksara rekan
3.5.2Menanyakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kaidah penulisan  aksara rekan
3.5.3 Mengidentifikasi kaidah penulisan aksara Jawa menggunakan  aksara rekan
4.5 Menulis dan menyajikan empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.
4.5.1 Menyalin teks dua paragraf menjadi aksara  Jawa dari berbagai sumber
4.5.2 Menulis aksara Jawa  aksara rekan dengan benar
4.5.3 Menyunting kesalahan pada penulisan aksara Jawa
4.5.4 Menyajikan teks aksara Jawa dengan lisan dan tulisan
Karakter: Disiplin, Kerjasama, Mandiri, Cinta Budaya, Tekun.

D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
3.5.1Peserta didik mampu memahami pokok-pokok isi paragraf aksara dengan benar.
3.5.2 Peserta didik mampu menanyakan tentang hal-hal yang berkaitan dengan kaidah penulisan  aksara rekan dengan benar.
3.5.3 Peserta didik mampu mengidentifikasi kaidah penulisan aksara Jawa menggunakan  aksara rekan dengan benar.
4.5.1 Peserta didik mampu menyalin teks dua paragraf menjadi aksara  Jawa dari berbagai sumber dengan benar.
4.5.2 Peserta didik mampu menulis aksara Jawa  aksara rekan dengan benar dengan benar.
4.5.3 Peserta didik mampu menyunting kesalahan pada penulisan aksara Jawa dengan benar.
4.5.4 Peserta didik mampu menyajikan teks aksara Jawa dengan lisan dan tulisan dengan benar.

E.  Materi Pembelajaran
Fakta
Berbagai contoh kosa kata dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan  aksara rekan
Tuladha paragraf aksara rekandalam satu kalimat
Konsep
1.      Bentuk  aksara rekan
2.      Berbagai contohparagraf berhuruf Jawa yang didalamnya terdapat  aksara rekan.
3.      Karakteristik penerapan  aksara rekan kedalam paragraf.
4.      Tuladha paragraf aksara rekan
5.      Teknik penulisan, dan teknik penyajian aksara Jawayang menggunakan aksara rekan
Prosedur
1.      Langkah-langkah menemukan kata yang menggunakan  aksara rekan
2.      Langkah-langkah menemukan pokok-pokok isi paragraf yang menggunkan aksara rekan
3.      Langkah-langkah menyajikan paragraf berhuruf Jawa yang didalamnya terdapat  aksara rekan
Meta kognitif
Menemukan kata yang menggunakan  aksara rekan
Menemukan pokok-pokok isi paragraf yang menggunkan aksara rekan
Memroduksi dan menyunting syair tembang pangkur menggunakan bahasa sendiri

F.       Pendekatan,Model dan Metode
Pendekatan          : Pembelajaran Berbasis Teks
Model                   : Problem BasedLearning
Metode                 : Diskusi.

G.      Sumber belajar
1)        Baoesastra Djawa
2)        Pedoman Penulisan Aksara Jawa. 2002. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Pelajar
3)        Setiawan, Heri.2014. Mumpuni Basa Jawa. Surakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

H.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
2.    Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.    Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.    Pembangun Konteks
Guru memberikan apersepsi dan motivasi kepada peserta didik. Guru bertanya kepada siswa, hafalkah kalian dengan aksara Jawa, sebutkan apa saja. Sebutkan jenis-jenis aksara Jawa (aksara dentawyanjana, aksara swara, angka, rekan dll).

10 menit
Isi
(kegiatan Inti)
Pemodelan Teks
a.       Peserta didik membaca teks aksara Jawa rekan berjudul “munggah kaji”.

?mu=ghkji.
?pkG+j+lilgiw[amu=ghkjik[rog/w[nyaikubup+timh.rwuh[azsTbvuj+mJ+m\
t=gtep[ro[npdfipri=zisiqikSiqik,semnaugkulw/gku.?swi[skuwikulw/g[n pkG+j+liznkK[kacrtsku/rnK=zunD=mublig+\jen_[z ausTf+\j+ainufin\,ai=acr kuwik[bhpdsen_lnZ|cpH[kpnuwunMr=pkG+j+lilnB|p+timh.
Munggah kaji
Pak Ghazali lagi wae munggah kaji karo garwane yaiku bu fatimah. Rawuhe ngasta banyu zam-zam.tangga teparone padha diparingi sithik-sithik, Semana uga kulawargaku.
Sawise kuwi kulawargane pak ghazali nganakake acara tasakuran kang ngundhang mubaligh jenenge ustadz zainudin. Ing acara kuwi kabeh padha seneng lan ngucapake panuwun marang  pak ghazali lan bu Fatimah.
b.       Peserta didik bersama guru mengidentifikasi mana yang termasuk dalam aksara rekan.
c.        Mencari jenis-jenis aksara rekan.
No.
Aksara Rekan
Aksara latin
1.
k+
Kha
2.
p+
fa/va
3.
f+
Dza

4.
g+
Gha
5.
j+
Za

d.       Mencari kegunaan penulisan aksara rekan.
Aksara Rekan digunakan untuk menuliskan huruf dari bahasa manca (Bahasa Arab).


Pembuatan teks secara kelompok (KI 4)
e.       Kelas dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian tiap kelompok membuat teks yang mengandung aksara rekan dan disalin ke dalam tulisan aksara Jawa.

Kampuse Kakangku
(1)Aku duwe kakang sing jenenge mas Zainudin, dheweke kuliyah ing Sukoharjo. (2)Kampuse jenenge Universitas Veteran Bangun Nusantara, kang manggone sacedhake kantor bupati Sukoharjo. (3)Ing kana kakangku kuliyah ing fakultas keguruan lan ilmu pendhidhikan jurusan bahasa lan sastra Jawa.
 (4)Manawa sore sabubare kuliyah, mas Zainudin melu kegiatan mahasiswa olahraga voli. (5)Jarene kakangku kegiyatan mahasiswa ing kana akeh banget. (6)Mbesuk menawa wis lulus, aku kepingin kuliyah ing kampuse kakangku.

kmPu[skk=ku
(1)?akufu[wkk=si=jen_[zmsJ+ainufin\[d[w[kKkuliyhai=su[koa/[jo.(2)kmPu[sjen_[zUnipe+/sit[sP+ternBzunN|snTr,k=m=[go[nsced[kKk[nTo/buptisu[koa/[jo.(3)ai=knkk=kukuliyhai=p+kulTsKeguruanLnHilM|penDidiknJ|rusnBaslnSsÒ`jw.
(4)?mnw[so[rsbub[rkuliyh,msJ+ainufi[nMlukegiytnMasisWOlhrg[p+oli.(5)j[r[nkk=kukegiytnMasisWai=kna[khbzet\,(6)a[mBsukMnwwisÓ|lus,akukepizinÑ|liyhai=kmPu[skk=ku.
f.       Setelah disalin, hasil pekerjaan masing-masing kelompok ditukar dengan kelompok lain untuk diidentifikasi aksara rekannya.

Pembuatan teks secara mandiri
a.  Peserta didik membuat teks latin kemudian disalin ke dalam aksara Jawa secara individu.
Formalin
Saiki akeh panganan kang ngandhut formalin. Kayata tahu, bakmi, bakso lan panganan liyane. Sakjane Formalin iku gunane kanggo ngawetake mayit. Amarga golek murah, akeh wong dodol padha migunakake formalin kanggo ngawetake panganan kuwi mau.

?[p+/omlin\,
?saikia[khpznNnK=znÔ|[tPo/mlin\,kyttau,bkMi, b[kSolnPznNnLiy[n.skJ[n[po/mlinHikugun[nk=[goz[wt[kmyit.am/g[go[lkM|rh,a[kh[wo=[fo[folPdmigu nkK[k[p+o/mlinK=[goz[wt[kpznNnÑ|wimau.

Penutup
1.    Bersama siswa menyimpulkan karakteristik Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat  aksara rekan.
2.    Memberikan tugas mencari contoh karya lain yang tergolong pada Paragraf berhuruf Jawa yang di dalamnya terdapat  aksara rekan.
3.    Melaksanakan tes
15 menit

F.       Penilaian Hasil Pembelajaran
a.    Penilaian Sikap
1.    Teknik     : Observasi
2.    Instrumen : Lembar pengamatan
‘No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak
Lanjut



















b.    Penilaian Pengetahuan
1.    Teknik                     : Tes tulis
2.    Bentuk                    : Uraian
3.    Instrumen
Wacanen ukara kang katulis nganggo aksara Jawa ing ngisor iki kanthi trep!
1.     ?j+ainlM|[sTop+aikujen_[zadiku.

c.     Penilaian Keterampilan
1.    Teknik                     : Proyek
2.    Bentuk                    : Uraian
3.    Instrumen               :
Tulisen wacan ing ngisor iki nganggo aksara Jawa kang trep!
Munggah kaji
Pak Ghazali lagi wae munggah kaji karo garwane yaiku bu fatimah. Rawuhe ngasta banyu zam-zam.tangga teparone padha diparingi sithik-sithik, Semana uga kulawargaku.
Sawise kuwi kulawargane pak ghazali nganakake acara tasakuran kang ngundhang mubaligh jenenge ustadz zainudin. Ing acara kuwi kabeh padha seneng lan ngucapake panuwun marang  pak ghazali lan bu Fatimah.



                       


                                                                       
                                                                                   
LAMPIRAN I

MATERI AJAR

Ø  Aksara Jawa Rekan cacahe ana lima. Gunane aksara Rekan dienggo kanggo nulisi tembung manca kang dicethakake, luwih-luwih tembung Arab. Wujude aksara Rekan kaya ing ngisor iki:
Aksara Rekan
Pasangan
Tuladha Panulise
k+
-
?k+tib\

f+
-
?f+kiy

j+
-
?j+kt\

g+
-
?g+aib\

p+
?p+u=si


Ø  Menawa aksara rekan karaketaken sandhangan pepet, cecake telu dumunung ing sajrone pepet, dene yen diraketi sandhangan wulu, layar utawa cecak, cecake dumunung ana ing kiwa, dene sandhangan wulu, layar utawa cecak mapan ing sisih tengen.

Ø  Tuladhane:
p+it]h
kp+i/
p+i/j+
Fitrah
Kafir
Firza












LAMPIRAN II

LEMBAR KERJA SISWA

Ing piwulangan aksara Jawa Rekan, siswa bakal gladhen nulis aksara Jawa lan alih aksara saking aksara Jawa-Latin.

v  Wacanen ukara kang katulis nganggo aksara Jawa ing ngisor iki kanthi trep!
1.     ?p+j/lgiavÓ|mBtKmBil\
2.     ?msF+ki/lgik+utBh
3.     ?dikP+it[folnHi=fX[mMsimBh
4.     ?sip+aikujen_[zp(nnÑ|
5.     ?pkG+ip+rne[mBsirm\
v  Tulisen ukara ing ngisor iki nganggo aksara Jawa!
1.      Bu Khasanah ngaji ing masjid al-firdaus.
2.      Rifka tuku minyak zaitun kanggo ibune.
3.      Fauzan tuku watu zamrud ing toko “Arafah”
4.      Fatonah lagi turu ing kamare
5.      Dhik khofifah lunga menyang pasar tuku kurma.




LAMPIRAN III

MEDIA AJAR















LAMPIRAN IV

A.    Penilaian Pengetahuan
Ø  Kisi-kisi instrumen

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Soal
Bentuk Soal
Soal
3.5.1 Menjelaskan kaidah penulisan aksara Jawa dalam empat paragraf yang menggunakan aksara Rekan

Membaca teks beraksara Jawa yang menggunakan aksara Rekan
Setelah mempelajari kaidah penulisan aksara Rekan, siswa dapat membaca teks beraksara Jawa yang menggunakan aksara Rekan
Uraian
Wacanen ukara kang katulis nganggo aksara Jawa ing ngisor iki kanthi trep!
3.5.2 Menunjukkan pokok-pokok isi empat paragraf teks beraksara Jawa yang menggunakan aksara rekan
Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi paragraf teks beraksara Jawa rekan

Setelah membaca wacana teks beraksara Jawa rekan, siswa dapat menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks.
Uraian
Sawise maca wacan ing ngisor iki, wangsulana pitakonan-pitakonan kanthi trep!

Ø  SOAL
No.
Ukara
1.
?j+ainlM|[sTop+aikujen_[zadiku.
2.
?g+ni[zo[mBp+itminSbe[nHsuk\,
3.
?pk\g+p+u/amBy/j+ktP+it]h.
4.
?sp+it]iln\f+kitukukLmBi.
5.
?f+iki/aikua[khmupz[tT.


?me$Jif\Agu=fem@\
?[wo[nF[nme$Jif\Agu=fem@\kLebumesJifPli=kunHi=I[nFo[nsiy.mesJifHikimpnHi=[fs@aumn\fem@\jw#ezh.mnutKpityn\mesJifHikitauffip=[gonnÑ|mPu[lLprwlik=veb/r[kagmaisLm\,prwlimauktelhwlisz.prwlikekumPulLnHi=mesJifMin=kppnZ~mB|gSumeb/[ragmIsLmHi=I[nDonesiy,mLigi[nai=#nhjw.
?$ulTnHi=fem@µinTranTr[n$ulTnP+#h,r[fnM@s/autw$ulTn²tiUnus\lnR[fnH/yautw$ulTn°~=gn.k=ysmesJifHikifinugr[fnP+#h,rjsepisnnHi=@ sulTnnFe m@µi nTrkirkirabfKpi=;15;m[sai.


Pitakonan :
1.      Ana ngendi dununge mesjid agung demak kuwi ?
2.      mnutK pi t yn\ mesJifHikitau ffip=[gonNnÑ|mPu[lLprwli k= veb/ r[kagmIsLm\,
miturut pratelan ing dhuwur, mesjid iki dadi papan kumpule para wali saperlu nindakake apa ?
3.      ?$ulTnHi=fem@µinTranTr[n$ulTnP+#h,r[fnM@s/autw$ulTn²tiUnus\lnR[fnH/yautw$ulTn°~=gn.
Sebutna arane priyagung ing kasultanan demak miturut wacan kuwi !
4.      Sapa kang yasa mesjid agung demak ?
5.     Kapan mesjid agung demak digawe ?

LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1    : Pengembangan Bahan ajar
                                               
Buku paket Mumpuni Basa Jawa. Surakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka MandiriSetiawan, Heri.2014.
Halaman 62 s/d 80

Lampiran 2    : Media pembelajaran
Media/alat:
Presentasi (power point/video) mengenai  aksara rekan, wacana 2 paragraf  aksara Jawa yang menggunakan  aksara rekan (Setiawan, 2014: 67),( Alat : Laptop dan LCD )

Lampiran 3    : Lembar kerja peserta didik
a)    Pedoman Penilaian Pengetahuan

Kriteria dan  Rubrik Penilaian Ketrampilan
Mata Pelajaran          : Bahasa Jawa
Kelas/Program          : XI / TPBO, TKJ, PS
Kompetensi               : Ketrampilan
Materi                                   : Aksara Jawa yang menggunakan  aksara rekan

No
Soal
Aspek
Skor
1.

Jika dapat menyelesaikan soal dengan tepat  sesuai dengan menyebutkan aksara rekan.

3
Jika menyelesaikan soal dengan tepat  sesuai menyebutkan 2 aksara rekan.
2
Jika menyelesaikan soal dengan tepat  sesuai menyebutkan 2salah satu aksara rekan.
1
2.


Jika dapat menyelesaikan soal dengan tepat  sesuai dengan menjelaskan gunanya  aksara rekan
3
Jika dapat menyelesaikan soal dengan tidak tepat dengan menjelaskan gunanya  aksara rekan
2
Jika siswa tidak menyelesaikan soal dengan tepat dengan tidak menjelaskan gunanya  aksara rekan
1
3.
Jika dapat menyelesaikan soal dengan tepat  sesuai dengan menyebutkan ana 3 . ha paten, ra paten, nga paten
3
Jika menyelesaikan soal dengan tepat  dengan menyebutkan <2 aksara (ana 3 . ha paten, ra paten, atau nga paten)
2
Jika menyelesaikan soal dengan tepat  dengan menyebutkan <1 aksara (ana 3 . ha paten, ra paten, atau nga paten)
1
4.
Jika dapat menyelesaikan soal dengan tepat  sesuai dengan menulis ketiga tembung dengan benar
3
Jika menyelesaikan soal dengan benar mengerjakan <2 tembung dengan benar
2
Jika menyelesaikan soal dengan benar mengerjakan <1 tembung dengan benar
1
5.
Jika dapat menyelesaikan soal dengan tepat  sesuai dengan menulis kalimat tanpa kesalahan
5
Jika dapat menyelesaikan soal dengan tepat  sesuai dengan menulis kalimat kesalahan <3
4
Jika dapat menyelesaikan soal dengan tepat  sesuai dengan menulis kalimat kesalahan >5
2

Total Skor
        17

b)   Kriteria dan  Rubrik Penilaian Ketrampilan
Mata Pelajaran          : Bahasa Jawa
Kelas/Program          : XI / TPBO, TKJ, PS
Kompetensi               : Ketrampilan
Materi                                   : Aksara Jawa yang menggunakan  aksara rekan
1)   Kriteria Penilaian
No
Kriteria
Skor
1
Isi
10
2
Tanda baca
5
3
Kerapian
5

Jumlah
20

Rubrik Penilaian
Isi
No
Deskripsi
Skor
1
Pasangan dan sandhangan benar semua
5
2
Terdapat kesalahan 1-2 pasangan dan sandhangan
4
3
Terdapat kesalahan 3-4 pasangan dan dan sandhangan
3
4
Terdapat 5-6 kesalahan pasangan dan sandhangan
2
5
Terdapat kesalahan <6 pasangan dan sandhangan
1








Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap

No
Nama Siswa
Disiplin
Jujur
Tanggung Jawab
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.

















Keterangan:
4 = selalu terlihat
3 = sering terlihat
2 = jarang terlihat
1 = belum terlihat
Indikator Penilaian Sikap
Disiplin
a.    Tertib mengikuti instruksi
b.   Mengerjakan tugas tepat waktu
c.    Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.    Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif

Jujur
a.      Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.      Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
c.      Tidak menyontek atau melihat data/pekerjaan orang lain
d.     Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari


Tanggung Jawab
a        Pelaksanaan tugas piket secara teratur
b        Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
c        Mengajukan usul pemecahan masalah
d       Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan

Santun
a.      Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.      Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.      Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.     Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperolel dari modus (skor yang sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
Sangat baik     : apabila memperoleh nilai akhir 4
Baik                 : apabila memperoleh nilai akhir 3
Cukup             : apabila memperoleh nilai akhir 2
Kurang                        : apabila memperoleh nilai akhir 1

3.   Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
a.  Jika jumlah Siswa tuntas kurang dari 25% maka di laksanakan remedial klasikal, Jika lebih dari 25% maka di laksanakan remidi individual
b.  Siswa dengan nilai sangat baik > 70 di laksanakan pengayaan materi  menyalin teks aksara Jawa yang memuat  aksara rekan dua paragraf
Kegiatan Pengayaan
Guru memberikan penugasan membuat soal dan siswa menyelesaikannya tentang aksara Jawa yang memuat  aksara rekantiga paragraf


Lampiran 4 : Instrumen penilaian (Kisi-kisi, Soal, Kunci/rubrik/rambu-rambu Jawaban, Pedoman penskoran)
2.      Penilaian, Pembelajaran, Remidial dan Pengayaan
1.      Teknik Penilaian
a.       Pengetahuan    :tes tertulis
b.      Keterampilan   :Praktik
2.      Instrumen Penilaian

Kisi-kisi soal penilaian Pengetahuan
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
materi
Indikator Soal
Nomor Soal
1.

3.Memahami, mengidentifikasi, menganalisis, danmengevaluasi kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
3.5.2 mengidentifikasi kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
Paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.

Siswa mampu mengidentifikasi kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
1
2.
3.Memahami, mengidentifikasi, menganalisis, danmengevaluasi kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
3.5.3 Menganalisis kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
Paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.

Siswa mampu Menganalisis kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
2
3.
3.Memahami, mengidentifikasi, menganalisis, danmengevaluasi kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
3.5.4 mengevaluasi kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
Paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.

Siswa mampu mengevaluasi kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
3
4.
3.Memahami, mengidentifikasi, menganalisis, danmengevaluasi kaidah  penulisan aksara Jawa empat paragraf yang menggunakan aksara rekan.
4.5.1 Menginterpretasi empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.
Paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.

Siswa mampu Menginterpretasi empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.
4
5.
4.5   Menginterpretasi, memroduksi, menyunting, dan menyajikan empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.
4.5.2 Memroduksi empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.
Paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.
Siswa mampu Memroduksi empat paragraf aksara Jawa yang menggunakan aksara rekan.
5

Soal Pengetahuan

1. sebutna aksara jawa kang ngemu aksara rekan iku
2. sebutna tembung apa wae kang ngemu aksara rekan adhesasar wacan aksara rekan
3. Gawea paragraph kang ngemu aksara rekan
4. Gawea tuladha tembung kang nganaake aksara rekan
5. Paragraph aksara jawa\rekan ing ngisor ikigantinen mawa aksara latin!
kmPu[skk=ku
(1)?akufu[wkk=si=jen_[zmsJ+ainufin\[d[w[kKkuliyhai=su[koa/[jo.(2)kmPu[sjen_[zUnipe+/sit[sP+ternBzunN|snTr,k=m=[go[nsced[kKk[nTo/buptisu[koa/[jo.(3)ai=knkk=kukuliyhai=p+kulTsKeguruanLnHilM|penDidiknJ|rusnBaslnSsÒ`jw.

Kunci Jawaban
1.  Fa/Va, Kha, Gha, Za, Dza
2.  Zainudin, Veteran, vitamin, dzakaria
3.   j[r[nkk=kukegiytnMasisWai=kna[khbzet\,a[mBsukMnwwisÓ|lus,akukepizinÑ|liyhai=kmPu[skk=ku.
4.   ?mnw[so[rsbub[rkuliyh,msJ+ainufi[nMlukegiytnMasisWOlhrg[p+oli.
5.  Aksara Jawa  dadi aksara latin
Kampuse Kakangku
(1)Aku duwe kakang sing jenenge mas Zainudin, dheweke kuliyah ing Sukoharjo. (2)Kampuse jenenge Universitas Veteran Bangun Nusantara, kang manggone sacedhake kantor bupati Sukoharjo. (3)Ing kana kakangku kuliyah ing fakultas keguruan lan ilmu pendhidhikan jurusan bahasa lan sastra Jawa.


0 komentar:

Popular Posts

Recent Posts

PILIHAN MENU

Unordered List

Aris Nurwanto. Diberdayakan oleh Blogger.

Buscar

Mengenai Saya

Foto Saya
Saya seorang pendidik tepatnya mengajar Bahasa Jawa.